Cara Merawat Motor Matic Agar Lebih Awet

Di Indonesia pengendara motor khususnya jenis matic sudah sangat banyak. Banyak alasan pengendara motor memilih jenis matic karena cukup muda dioperasikan, walaupun motor ini membutuhkan perawatan khusus agar lebih awet. Apalagi sekarang banyak motor matic yang menggunakan teknologi injeksi dimana membutuhkan perawatan ekstra tidak semudah perawatan motor yang menggunakan kalbulator.

Jika Anda pengguna motor matic, berikut ini cara merawat motor yang bisa diparaktekkan sendiri agar mesinnya tetap terjaga dan tahan lama.

Cara Merawat Motor Matic

Banyak pengendara matic yang salah melakukan perawatan akibatnya malah menyebabkan beberapa komponen rusak. itu sebabnya dalam melakukan perawatan motor dibutuhkan pedoman khusus agar dapat merawat ke semua sector penting yang ada di motor. Langsung saja berikut ini beberapa cara merawat matic yang bisa Anda terapkan:

  • Pertama-tama sebelum menggunakan motor, lakukan pemanasan mesin terlebih dulu, lakukan kurang lebih 5-10 menit sebelum digunakan.
  • Usahakan kecepatan motor dalam kondisi stabil. Jangan menggas dengan tiba-tiba.begitu juga sebaliknya, jangan menurunkan kecepatan pada waktu motor sedang dijalankan dalam kecepatan yang tinggi.
  • Hindari jangan sampai tangki bensin kosong. Segera lakukan pengisian bahan bakar jika bensin sudah mulai habis, hal ini harus diperhatikan karena jika tangki bensin habis bisa menyebabkan mesin aus.
  • Ganti oli motor dengan teratur.
  • Perhatikan kondisi ACCU dan bagian busi motor. Kedua komponen tersebut sangat penting untuk matic agar tidak mudah mogok dan nyaman saat dikendarai.
  • Periksa roler dan ventbeld, jika kondisinya tidak layak ganti dengan spare part yang baru. Usahakan menggunakan spare part yang asli.
  • Periksa komponen pada ruang transmisi dan oli shockbreaker. Biasanya dalam ruang transmisi biasanya terdapat debu yang menempel, bersihkan jika ada debu. Selain itu ganti oli shockbreaker secara teratur.
  • Service motor secara berkala, sebaiknya di bengkel resmi.

Selain ke-8 cara merawat matic tersebut masih ada beberapa cara perawatan lainnya agar performanya terjaga dan awet, yaitu:

Baca Juga: CARA MERAWAT MOTOR MATIC INJEKSI YANG BENAR

Memperhatikan timing belt

Timing belt adalah bagian vital pada motor, fungsinya untuk menggerakkan roda belakang, sama seperti rantai pada motor transmisi. Perhatikan timing belt agar tidak mengeras, jika sampai mengeras bisa menyebabkan motor sulit bergerak.

Memperhatikan Oli CVT

Contionous Variable Vransmission (CVT) merupakan transmisi pada motor matic.cara kerjanya adalah mengganti transimis sesuai kecepatan saat berkendara. Komponen ini merupakan bagian penting motor sebagai penggerak. Karena fungsinya vital rawat secara berkala agar transmisinya terjaga dengan baik.

Mengganti Oli Mesin

Sama halnya dengan oli CVT, oli mesin merupakan kebutuhan yang harus terpenuhi. Ganti oli secara berkala sesuai dengan pemakaian. Apabila oli kotor dan tidak segera dianti bisa berdampak pada mesin motor matic. Mengganti oli apabila motor adalah 3 bulan sekali atau apabila sudah menempuh jarak 3000km.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *