Cara Merawat Motor Baru Agar Selalu Prima

Walaupun masih baru, motor tetap harus dirawat dengan benar. Jika tidak motor bisa rusak hanya dalam waktu hitungan bulan, tentu hal tersebut tidak Anda inginkan. Jadi penting merawat motor dengan baik dan benar. Jadi agar performa dan mesinnya tetap awet mulailah merawat saat kondisi masih motor baru.

Merawat motor baru bisa memanfaatkan perawatan berkala gratis dealer pertama pada waktu motor baru dibeli. Biasanya motor baru diberi fasilitas gratis untuk ganti oli dan servis sebanyak 3 kali jalan, yaitu: pada KM 500, KM 1000 dan KM 2000. Fasilitas tersebut bukan sekedar bonus gratis, namun ada maksud tersendiri. Maksudnya motir yang masih baru tidak memiliki kesalahan dalam perakitannya. Oleh sebab itu perlu melakukan cek setelah menempuh jarak 500 km pada waktu pemakaian pertama, hal tersebut tujuannya untuk mengetahui kemungkinan jika terjadi kesalahan.

Selain itu, di awal pemakaian mesin motor yang baru juga membutuhkan penyesuaian gesekan dengan berbagai komponen motor lainnya. sehingga melakukan pergantian oli lebih awal yaitu 500 km hal ini sangat penting karena kondisi oli masih bisa cepat tercampur dengan berbagai serpihan logam yang diakibatkan adanya gesekan pada komponen mesin.

Apabila belum mencapai 500 KM pertama, sebaiknya usahakan motor jangan dulu memuat beban yang terlalu banyak/ berat. Cobalan Anda sesuaikan dulu kecepatan saat mengendarai motor dengan kecepatan maksimal. Namun tetap pelan-pelan dari kecepatan yang rendah. Hidari mengendarai motor dengan kecepatan yang spontan.

Baca Juga: CARA MERAWAT MESIN MOTOR AGAR TETAP PRIMA DAN AWET

Khusus bagi Anda yang memiliki mesin 4 langkah, tuangkan sedikit oli ke dalam knalpot. Hal ini dilakukan dengan tujuan agar knalpot yang orisinil lebih tahan lama atau awet dan tidak mudah keropos. Sedangkan jika motor Anda 2 langkah, hal tersebut tidak perlu dilakukan karena knalpot secara otomatis akan terpapar oleh oli.

Perawatan motor yang masih dalam kondisi baru selanjutnya adalah menggunakannya dengan benar. Jangan pernah meniru adegan film yang suka menggeber-geber gas motor atau menarik gas dengan tarikan spontan. Karena perlakuan tersebut bisa membuat bagian rantai mesin, katup bahan bakar, kopling, stang piston dan piston cepat aus. Apalagi jika motor yang Anda gunakan tipe mesin 4 langkah. Mesin motor 4 langkah jauh lebih rumit sistem bahan bakarnya dan inilah yang paling sering menyebabkan masalah.

Jika Motor Anda menggunakan gigi manual, sebaiknya gunakan pemakaian gigi dengan kecepatan motor. Apabila melewati jalan yang menanjak motor membutuhkan tenaga yang lebih besar maka gunakan gigi yang sesuai dengan mengurangi gigi motor. Apabila baru menjalankan motor baru jangan langsung menggunakan gigi 4, lakukan secara bertahap menggunakan gigi 1. Cara tersebut berpengaruh pada kopling, stang piston, piston dan rantai mesin.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *