Cara Merawat Mesin Motor Agar Tetap Prima Dan Awet

Sekarang ini banyak orang yang beralih dan menggunakan motor sebagai sarana transportasi sehari-hari. Bisa dibilang saat ini motor merupakan raja jalanan yang banyak mendominasi jalanan. Nah, jika Anda pemilik motor sudah seharusnya mengetahui bagaimana cara merawat mesin motor agar tetap prima dan awet.

Motor semakin kesini semakin keren dengan menggunakan teknologi modern yang mampu menciptakan mesin yang bisa diandalkan bahkan untuk melakukan perjalanan jauh. Namun sayangnya masih banyak pemilik motor yang kurang memperhatikan mesin motor dengan berbagai macam alasan.

Padahal merawat mesin motor merupakan hal penting karena jika dirawat dengan benar motor akan terhindar dari kerusakan, artinya tidak banyak mengeluarkan biaya. Berikut ini akan kami informasikan beberapa tips merawat mesin dengan benar. Langsung saja simak ulasannya berikut ini:

Tips Mengganti Oli

Standard kekentalan oli kendaraan adalah SAE. Kebanyakan oli yang dijual sudah memenuhi standar yang sesuai dengan iklim di Indonesia. Jadi Anda tidak perlu khawatir dan bingung untuk mendapatkan oli yang tepat. Namun yang harus diperhatikan adalah kapan waktunya harus mengganti oli.

Biasanya jadwal ganti oli sudah disertakan pada kemasan yang terdapat di kemasan oli. Hindari terlambat mengganti oli karena jika melebihi batas pemakaian (kilometer) bisa berdampak pada mesin. Oli yang sudah terlewat batas akan menjadi cair dan lebih parahnya oli akan semakin berkurang.

Biasanya oli diganti berdasarkan lamanya pemakaian motor atau kadang berdasarkan hitungan bulan. Penting Anda ketahui bahwa cara tersebut kadang tidak baik untuk mesin, karena ada dalam kondisi tertentu kita jarang menggunakan motor atau ada waktu sangat sering. Jika terlalu cepat mengganti oli menjadi pemborosan dan jika terlambat bisa membuat mesin rusak. Cara tepat yang bisa dijadikan patokan mengganti oli adalah batas kilometer pemakaian.

Melakukan Tune Up Secara Rutin

Perawatan tune up sangat penting dilakukan karena dengan itu Anda bisa mengetahui kondisi komponen apakah ada yang aus atau tidak. Setelan motor bisa mengakibatkan berbagai aus pada bagian komponen di mesin. Oleh sebab itu penting melakukan penyetelan ulang yaitu dengan cara tune up.

Selain itu, tune up dapat membersihkan debu dan kotoran yang mengendap. Kotoran yang didiamkan bisa menyebabkan kinerja mesin terganggu. Anda bisa melakukan tune up di bengkel dan biasanya jadwal waktunya terdapat pada buku petunjuk motor. Atau bisa pula menurut kilometer penggunaan. Jika dirasa motor sudah tidak nyaman digunakan, artinya Anda harus melakukan tun up, jangan tunda segera bawa motor Anda ke bengkel.

Itulah dua diantara cara merawat mesin motor, masih banyak perawatan yang penting lainnya yang bisa Anda dapatkan di artikel lainnya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *