Cara Menjaga dan Merawat Agar Motor Awet dan Tahan Banting!

Semua orang ingin kendaraan motornya selalu tampil performa dan tahan banting. Tidak ada masalah dalam mesin maupun tampilan. Untuk itu Anda harus tetap siaga dalam menjaga dan merawat agar motor awet dan tahan banting. Anda harus mempunyai niat dan ketulusan dalam menjaga motor Anda agar tetap bekerja maksimal.

Di dalam artikel kami kali ini kami akan berikan informasi mengenai tips dan kiat dalam menjaga dan merawat agar motor awet dan tahan banting. Simak ulasannya di bawah ini sebagai berikut.

Perhatikan kondisi oli

Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi oli motor Anda secara berkala. Karena oli adalah komponen penting di dalam kendaraan motor. Apabila oli dalam motor Anda tidak diperbarui maka akan mempengaruhi segala macam komponen-komponen mesin lainnya. Oli pada motor  memiliki fungsi yang sangat vital, yakni untuk melumasi segala macam komponen mesin mulai dari ring, seher, dan piston. Agar motor anda tetap performa selalu Periksa kondisi oli secara berkala dan pastikan bahwa oli motor Anda tidak berwarna kehitaman. Apabila saat Anda cek warna oli sudah berubah menjadi warna hitam dan kekentalannya sudah berkurang, sebaiknya segera ganti oli ke bengkel terdekat.

Perhatikan kondisi rantai

Untuk menjaga performa motor awet salah satunya adalah dengan mencek selalu kondisi rantai apabila motor Anda motor bebek. Jangan sampai anda lupa untuk mengeceknya. Rantai motor cukup penting fungsinya. Karena kalau rantai anda rusak motor kesayangannya Anda pasti juga tidak akan bisa berjalan. Pastikan juga rantai motor Anda tidak terlalu kencang. Jika rantai motor Anda kencang. Bisa mengakitbatkan rantai putus tiba-tiba dan jika kendur dapat membuat rantai lepas dari roda gigi. Jika rantai motor Anda sudah kering, gunakan pelumas khusus rantai motor.

Perhatikan kondisi aki

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah perhatikan kondisi aki anda. anda juga harus member perhatian ekstra pada aki motor anda. perhatikan batas minimum dan maksimum air aki anda. pastikan kondisi aki anda tidak sampai melewati batasan-batasan tersebut. Karena jika aki melewat batasan tersebut,  dapat mempercepat kerusakan pada sel aki, dan berpengaruh pada kondisi-kondisi mesin lainnya. Dan akan menyebabkan kerusakan lebih parah lagi. Ceklah kondisi aki motor anda rutin dan berkala.

Perhatikan batasan saat menyalakan mesin motor

Hal ini yang kadang para pemilik motor lupa. Yakni dalam menyalakan atau saat memanasi motor sebelum digunakan. Maksimalnya panaskan mesin motor Anda untuk waktu sekitar 2 atau sampai 5 menit. Hal tersebut dilakukan agar bisa  menaikkan oli dan melumasi komponen mesin agar bisa bekerja dengan baik. Jadi jangan terlalu lama-lama dalam memanasi motor anda saat sebelum dipakai.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *