Home Tips dan Trik Cara Mengenali Stang Motor Dalam Keadaan Rusak

Cara Mengenali Stang Motor Dalam Keadaan Rusak

by Rhonda Olson
Cara Mengenali Stang Motor Dalam Keadaan Rusak

Jika Anda adalah pengendara dan pemilik motor dalam jangka waktu yang cukup lama pastinya sudah pernah mengalami kerusakan komponen pada stang seher. Pada dasarnya setiap komponen dari sepeda motor memiliki usia penggunaannya. Stang motor yang merupakan komponen vital motor harus dalam kondisi terbaik untuk mendukung kegiatan berkendara Anda. Mungkin bagi Anda yang bukan dari dunia otomotif masih belum bisa membedakan ataupun mengenali kerusakan pada bagian tersebut. Maka dari itu, Anda perlu melakukan cara-cara berikut untuk mendeteksi lebih awal kerusakan tersebut.

Cara Mengenali Stang Motor Dalam Keadaan Rusak

Memeriksa Bearing Roda

Bearing roda pada motor terletak di tengah roda. Bagian ini berhubungan langsung dengan roda. Langkah awal pemeriksaan, lihat pada bagian ini apakah ada bantalan peluru yang pecah. Bila rusak ada oblak maka harus segera diganti. Cara memeriksanya mudah, Anda hanya perlu menggoyang roda ke kiri dan ke kanan. Apabila Anda merasakan oblak, maka bearing roda tersebut haru diganti.

Memeriksa Shockbreaker

Fungsi utama dari shockbreaker adalah menyerap kejutan dari permukaan jalan yang rata atau bergelombang untuk membuat kendaraan semakin nyaman digunakan. Selain itu, komponen ini juga dapat meningkatkan daya cengkeram roda terhadap jalan. Tabrakan bekas jatuh biasanya menghampiri rusaknya shockbreaker. Penyebab lain yang mungkin menandai kerusakan pada stang motor adalah akibat tidak solid atau rapatnya karet bantal shockbreaker.

Memeriksa Kondisi Pelek

Memeriksa pelek roda apakah ada bagian yang bengkok dan retak adalah salah satu langkah preventif yang tepat. Pemeriksaan ini dilakukan dengan cara menggunakan standar roda dua, kemudian memutar ban dan lihat gerakan roda. Jika ada bagian yang goyang, maka pelek ada yang bengkok dan harus diganti. Sebelum kerusakan berubah menjadi retak, lebih baik menyegerakan untuk diganti pelek baru.

Memeriksa Kondisi Ban

Baca Juga:  3 Masalah Yаng Sегіng Tегјаԁі Pada Karburator Motor Dаn Cага Mengatasinya

Untuk yang paling mudah adalah dengan memeriksa permukaan ban. Apakah rata atau tidak. Kemudian periksa tekanan angin apakah sesuai dengan ukuran atau tidak. Selain itu, jika Anda pernah menambal ban sebelumnya, periksa tambalan tersebut karena apabila menemukan ban yang sudah menimbulkan benjolan, hal ini berbahaya jika sewaktu-waktu ban meledak di jalan.

Memeriksa Segitiga Dudukan Setang

Segitiga dudukan setang menghubungkan antara stang motor dengan shockbreaker. Cara memeriksanya adalah dengan meluruskan pada tempat yang rata atau datar kemudian mengukur menggunakan fuller. Saat pengukuran tersebut, jika ditemukan ketidaksejajaran, sebaiknya bawa segitiga dudukan tersebut ke tukang press untuk diperbaiki.

Memeriksa Komstir

Komstir terletak di sumbu antara segitiga garpu dengan rangka motor. Komponen ini berfungsi untuk pengendalian. Pemakaian yang sudah lama biasanya berakibat komstir terasa oblak, kasar, belok kurang, dan susah digerakkan. Kerusakan ini biasanya terjadi pada mangkuk-mangkuk dan bola-bola besi yang telah aus. Ada baiknya Anda menggantinya dengan yang baru agar kinerja kembali normal.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More