Cara Mengatasi Motor Mati Mendadak Saat Kodisi Mesin Motor Panas

Ada banyak faktor yang menjadi penyebab motor mati mendadak terutama pada saat suhu pada mesin motor panas. Mungkin Anda pernah mengalami masalah tersebut. Untuk dapat mengatasi masalah tersebut, alangkah baiknya mengetahui terlebih dahulu penyebabnya agar mengetahui solusi memperbaikinya.

Beberapa  hal yang menjadi penyebab mati mendadak saat mesin motor panas atau disebut dengan istilah overhet dan solusi mengatasinya.

Kekurangan Oli

Salah satu penyebab motor mati mendadak karena kekurangan oli, penyebabnya bisa karena lemahnya posting ring yang menyebabkan asap putih keluar dari knalpot. Penyebab lainnya kekurangan oli bisa juga karena perjalanan jarak jauh yang menyebabkan terjadinya uap panas sehingga oli keluar melalui pori-pori endapan mesin.

Cara Mengatasinya: segera ganti oli dengan yang baru atau bisa menambahkan oli. Pastikan oli  yang digunakan sesuai dengan motor Anda.

Pengapian Motor Lemah

Kemungkinan lainnya bisa disebabkan karena lemahnya sistem pengapian motor. Hal ini disebabkan karena komponen spool apinya lemah sehingga menjadi penebab mesin panas. Masalah spool bisa karena usianya tua atau karena ada yang cacat sehingga menyebabkan beradu api satu dengan yang lainnya.

Untuk mengetahui apakah ada apinya atau tidak adalah dengan cara di cek kabel hitam list merah dari spool bagian bawah dengan menempelkan kabel tersebut ke mesin sambil memutar mesin motor yaitu dengan melakukan kick starter. Nanti akan ketahuan apakah ada apinya atau tidak.

Kemungkinan penyebab pengapian lemah adalah komponen CDI yang sudah idak berfungsi. Atau bisa karena kepala ujung busi longgar, basah, posisinya kurang pas atau rusak.

Baca Juga: AGAR MESIN MOTOR PRIMA, PERHATIKAN KONDISI AKI JANGAN SAMPAI KERING

Cara Mengatasinya: Jika Anda sudah mengetahui penyebab pengapian lemah maka solusinya adalah mengganti komponen tersebut dengan yang baru. Misalnya: spoo, CDI atau koilnya.

Masalah Pada Saluran Bahan Bakar

Kemungkinan lainnya yang menjadi penyebab motor mati mendadak saat suhu mesin meningkat adalah masalah pada saluran bahan bakarnya masuk ke korburator sehingga terjadi penyumbatan. Akibatnya bensin mengalir tidak lancar. Masalah lainnya bisa karena terjadi penyumbatan, bisa karena kotoran yang mengendap di selang minyak menuju karburator sehingga menyebabkan aliran bahan bakar menuju ruang bakar tidak normal.

Cara Mengatasinya: Jika masalah motor mati mendadak akibat masalah pada saluran bahan bakarnya memang agak rumit. Anda bisa cek dengan teliti apakah selang saluran bahan bakarnya tersumbat oleh kotoran atau tidak. Jika tersumbat, bersihkan terlebih dulu. Namun jika masalahnya ternyata pada karburator maka bisa bawa ke bengkel motor untuk diperbaiki oleh ahlinya.

Demikian informasi mengenai faktor-faktor yang bisa menjadi penyebab motor mati mendadak pada saat kondisi mesin motor meningkat/ panas. Semoga artikel ini bermanfaat khususnya bagi para pengendara/ pemilik motor.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *