Home Perawatan Motor Cara Melakukan Perawatan Motor yang Baik dan Benar di Masa Inreyen

Cara Melakukan Perawatan Motor yang Baik dan Benar di Masa Inreyen

by Rhonda Olson
Cara Melakukan Perawatan Motor yang Baik dan Benar di Masa Inreyen

Masa Inreyen atau yang disebut juga dengan masa Break-in merupakan masa penyesuaian atau masa beradaptasinya komponen-komponen motor saat baru pertama kali keluar dari pabrik. Di masa ini, segala komponen dalam motor, khususnya motor baru sedang beradaptasi untuk menguji kualitas dan kemampuan demi menunjang sarana transportasi pengendara. Sederhananya masa inreyen adalah masa di mana kelayakan motor baru sedang diuji.

Cara Melakukan Perawatan Motor yang Baik dan Benar di Masa Inreyen

Oleh karena itu, perawatan motor yang masih dalam masa inreyen perlu kehati-hatian yang ekstra agar motor baru Anda bisa berfungsi optimal dan awet digunakan. Berikut ulasan cara melakukan perawatan motor pada masa inreyen yang baik dan benar.

Tidak Memperlakukan Motor secara Ektrim

Selama masa inreyen, perawatan motor pertama yang sebaiknya Anda lakukan adalah dengan tidak memperlakukan motor secara extreme, khususnya pada saat 500 km pertama. Cara ekstrem yang dimaksud adalah tidak menekan tuas gas secara penuh saat melakukan starter, tidak berkendara dengan kecepatan tinggi, serta tidak melakukan pengereman secara mendadak.

Hindari Berjalan di Jalanan yang Extrime

Cara lain untuk melakukan perawatan motor selama inreyen adalah dengan menghindari jalanan yang memiliki medan extreme ataupun kondisi jalan basah dan licin. Hal ini disebabkan karena ban baru masih beradaptasi, sehingga grip yang dimunculkan belum dapat bekerja optimal. Jika Anda memaksakan berkendara di jalanan extreme, motor baru Anda bisa berisiko mengalami slip.

Ganti Oil Motor Secara Teratur

Jika motor baru Anda sudah menempuh jarak sekitar 1.000 km di dua bulan pertama, segeralah mengganti oli motor Anda. Perawatan motor ini bertujuan agar sisa partikel yang disebabkan karena gesekan antar komponen bisa segera terbuang bersama dengan oli bawaan motor baru Anda.

Hindari Motor Dari Angkutan Beban yang Berat

Baca Juga:  Pilihan Motor Balap 1000cc Terbaik

Menghindari motor baru dari angkutan beban berat juga menjadi cara perawatan motor yang masih dalam masa inreyen karena memperpendek usia seluruh komponen motor, khususnya pada sektor suspense. Oleh karena itu jangan membebani motor dengan barang yang berat agar kondisi motor Anda bisa awet dan tahan lama.

Patuhi Pedoman yang Ada di Buku Panduan

Pada motor baru, pastinya akan ada buku panduan yang menyertainya. Untuk menjaga kondisi motor baru Anda, sebaiknya dalam melakukan perawatan motor, Anda berpedoman pada buku panduan tersebut. Patuhi setiap saran dan tips yang ada di buku tersebut karena walaupun motor baru Anda sudah teruji secara kualitas, namun di tangan pemiliklah motor tersebut dapat teruji peformanya.

Biasakan Diri dengan Motor Baru Anda

Perawatan motor di masa inreyen selanjutnya adalah membiasakan diri sendiri dengan kondisi motor baru Anda. Hal ini dilakukan agar Anda bisa memahami karakter motor baru Anda secara baik serta membuat motor Anda bisa bekerja secara optimal meski berada di medan apapun.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More