Home Tips dan Trik Cara-Cara Membuat Lampu Motor Bagian Depan Terang Benderang

Cara-Cara Membuat Lampu Motor Bagian Depan Terang Benderang

by Rhonda Olson
Cara-Cara Membuat Lampu Motor Bagian Depan Terang Benderang

Membuat lampu motor bagian depan lebih terang seberanya sangat mudah, akan tetapi kita tidak boleh asal-asalan membuatnya. Jika Anda melakukan uji coba dengan asal-asalan akan berpengaruh pada komponen lain dan tidak menutup kemungkinan malah bisa merusaknya. Berkendara di malam hari adalah salah satu alasan banyak orang menginginkan lampu yang lebih terang. Lampu yang tidak cukup terang akan membuat tidak nyaman, seperti saat melewati jalanan terjal dan rusak.

Cara-Cara Membuat Lampu Motor Bagian Depan Terang Benderang

Penyebab Lampu Tidak Terang

  • Rangkaian lampu memiliki tahanan yang besar

Tahanan yang dimaksud di sini adalah hambatan yang menahan tegangan pada sebuah rangkaian elektrik. Arus yang tersalur tidak maksimal sehingga beban atau lampu tidak menyala secara maksimal. Hal ini bisa dipicu karena banyaknya sambungan di sepanjang rangkaian atau adanya kerak pada terminal lampu.

  • Tegangan dari kiprok lemah

Lampu motor dapat menyala karena daya listrik yang berasal dari kiprok atau regulator pada dinamo. Sedangkan yang membuatnya menyala terang adalah alternator yang menghasilkan arus listrik besar sesuai dengan RPM mesin.

  • Umur lampu yang sudah lama

Umur adalah salah satu faktor penyebab yang tidak bisa dibantah lagi. Pasalnya apapun bendanya pasti memiliki masa pakai begitu pula dengan lampu. Pemakaian yang sudah lama akan mengurangi kinerja secara perlahan.

Cara-Cara Membuat Lampu Motor Terang

Jika lampu motor Anda redup, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk membuatnya kembali terang benderang.

  • Memasang arus lampu dari baterai langsung

Meskipun biasanya tenaga kelistrikan motor berasal dari kiprok sebagai regulator, Anda bisa menggantinya dengan menyambungkan arus lampu ke sumber arus utama, yakni baterai. Hal ini untuk mencegah overcharge atau tegangan berlebih ketika RPM mesin rendah dan listrik yang dihasilkan tidak cukup membuat lampu menyala terang.

  • Mengganti kiprok standar

Jika Anda tidak ingin menggunakan baterai, dan hanya ingin menggunakan kiprok, Anda bisa mengganti kiprok lama dengan kiprok standar. Dalam hal ini Anda bisa memakai kiprok vespa yang memiliki daya konversi tinggi atau jenis kiprok after sales lain.

  • Ganti lampu dengan bolam LED

Penggunaan lampu LED terbukti menghemat pemakaian daya listrik pada motor. Lampu ini berbeda dengan lampu gas atau lampu biasa. Sebaiknya pilihlah lampu LED dengan range intensitas cahaya yang diperbolehkan, jangan terlalu terang karena bisa mengganggu pengendara lain di jalan raya.

  • Memasang relay

Relay berfungsi sebagai jembatan yang menghubungkan arus baterai dengan kelistrikan secara langsung. Pemakaian relay ini dapat meningkatkan efektifitas aliran listrik karena berlangsung dari sumber arus melewati relay dan langsung ke beban. Jika tidak menggunakan relay, ataupun menggunakan rangkaian yang berbelit, hal ini justru meningkatkan nilai hambatan pada rangkaian yang berujung pada redupnya cahaya yang dihasilkan.

Baca Juga:  5 Tips Memilih Jaket Kulit yang Pas Buat Anda

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More