Cara Bikin Awet  Mesin  Motor

Mesin motor itu ibarat nyawa bagi motor. Begitu pentingnya bagian motor ini, sehingga memang memerlukan penanganan dan perawatan yang khusus. Ini tentu saja tanpa bermaksud untuk mengesampingkan peranan dari bagian lainnya. Sekali rusak biasanya memerlukan biaya yang tidak sedikit. Dan biasanya kalo sampai turun mesin, jarang yang bisa senormal awalnya. Kemungkinan banyak mengalami masalah ke depannya. Untuk itu ada baiknya anda melakukan perawatan dengan baik. Berikut adalah cara bikin awet mesin motor.

Ikuti program service yang ditentukan

Ini berlaku untuk pembelian motor baru. Setiap anda membeli motor baru, pihak dealer akan memberika program sekaligus jasa service gratis untuk motor anda. Programnya tentu saja melalui proses perhitungan para ahli yang bertujuan agar mesin motor anda awet. Sebagai informasi program yang biasa diberikan adalah sebagai berikut :

  • Service pertama dengan ketentuan maksimal setelah 1000 km pemakaian atau 2 bulan setelah pembelian. Mana yang lebih dulu. Biasanya service gratis dan ganti oli gratis
  • Service kedua dengan ketentuan maksimal  4000 km pemakaian atau 4 bulan setelah pembelian. Mana yang lebih dulu. Biasanya cuma service gratis. Tapi ada baiknya anda mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti oli.
  • Service ketiga dengan ketentuan maksimal 8000 km pemakaian atau 8 bulan setelah pembelian. Mana yang lebih dulu. Biasanya cuma service gratis. Tapi ada baiknya anda mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti oli.
  • Service keempat dengan ketentuan maksimal  12.000 km pemakaian atau 12 bulan setelah pembelian. Mana yang lebih dulu. Biasanya cuma service gratis. Tapi ada baiknya anda mengeluarkan biaya tambahan untuk mengganti oli.

Dengan mengikuti program dari dealer tersebut tidak hanya baik untuk  motor anda tapi juga sebagai syarat berlakunya garansi bila terjadi kerusakan mesin.

Service berkala

Seperti semua benda yang sering dipakai akan mengalami penurunan  kualitas dan fungsi,begitu juga dengan mesin motor. Motor yang sering dipakai atau bahkan cuma didiamkan juga akan mengalami penurunan kemampuan. Untuk mengantisipasinya lakukan service berkala setiap mencapai 2000 km pemakaian atau setiap 2 bulan.

 

Ganti oli berkala

Seperti halnya service berkala,ada baiknya anda mengganti oli mesin motor anda setiap 2000 km pemakaian atau 2 bulan pemakaian. Ini baik untuk menjaga ketahanan mesin anda.

Khusus bila akan melakukan perjalanan jauh ada baiknya oli mesin diganti terlebih dahulu.

 

Pemanasan mesin

Ada baiknya setiap awal pemakaian motor, mesin motor anda dipanaskan dahulu. Caranya dengan menghidupkan mesin biarkan selama 5 menit tanpa digas. Ini bertujuan agar oli kembali mengalir ke mesin dulu sebelum dipakai. Untuk hasil optimal lakukan setiap pagi hari.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *