Home Perawatan Motor Begini Cara Beli Motor Bekas di Bandung!

Begini Cara Beli Motor Bekas di Bandung!

by Rhonda Olson

 

Berapa sih biaya balik nama motor? Bagi Anda yang membeli motor bekas, sudah semestinya Anda perlu tahu bagaimana cara balik nama motor dan berapa biayanya. Untuk itu, simak penjelasan berikut ini, yuk!

 

Bagi Anda yang tinggal di Bandung dan berniat membeli motor bekas, kamu bisa pergi ke jalan Ciateul. Kawasan tersebut sudah dikenal sebagai pusat penjualan motor bekas di Banduk sejak tahun 80-an. Di sepanjang jalan ini, kamu bisa menemui dealer-dealer motor yang berjajar dan memajang ratusan motor bekas. Yang unik dari kawasan ini adalah motor bekas yang dijual termasuk dalam kelas dan produk motor terbaru. Harga yang ditawarkan untuk satu unit motor bekas juga berbeda-beda, tergantung bagaimana jenis dan kondisi motornya.

 

Namun, ketika Anda membeli motor bekas, Anda harus menjalani proses balik nama. Ada sejumlah prosedur yang harus Anda lewati untuk memiliki kelengkapan resmi kendaraan baru Anda. Selain proses balik nama, Anda juga harus membuat Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang baru dengan atas nama Anda sebagai pemilik resmi kendaraan tersebut.
Pada dasarnya, untuk mengurus balik nama kendaraan bermotor dan STNK baru tidaklah rumit. Hanya saja, waktu yang dibutuhkan memang sampai berhari-hari. Agar lebih memudahkan Anda dalam mengurus balik nama dan STNK untuk kendaraan baru, Anda harus tahu apa saja persyaratannya dan bagaimana alur prosesnya.

 

Balik nama kendaraan bermotor adalah pengalihan kepemilikan kendaraan bermotor dari pemilik pertama ke pemilik kedua dan seterusnya. Balik nama biasanya dilakukan terhadap Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

 

Cara balik nama motor, terdapat dua macam biaya yang perlu Anda bayarkan, yaitu biaya pajak dan biaya di luar pajak. Berikut ini akan diuraikan mengenai biaya balik nama motor yang perlu kamu ketahui.

Baca Juga:  Wow, Ini Dia 6 Vespa Unik Dan Legendaris Di Dunia

 

Biaya Pajak

Setelah proses balik nama STNK selesai, biaya pajak ini akan tertera di STNK. Untuk memperkirakan berapa biaya pajak yang nanti harus dibayar, kamu bisa melihat di STNK yang akan dibalik nama. Anda bisa melihatnya di kolom biaya perpanjangan STNK tahunan yang isinya PKB dan SWDKLLJ.

 

Ketika proses balik nama dilakukan, semua kolom STNK akan terisi, kecuali Biaya Adm TNKB (Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) yang akan terisi apabila proses balik nama tersebut bertepatan dengan habisnya masa berlaku tanda nomor kendaraan bermotor (TNKB).

 

Untuk biaya Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB), perhitungannya mengacu pada besarnya PKB di tahun sebelumnya. Rumusnya adalah BBN KB = 2/3 x PKB. PKB kepanjangan dari Pajak Kendaraan Bermotor. PKB biasanya tidak berubah dari tahun sebelumnya. Namun terkadang juga ada sedikit perubahan yang cenderung turun seiring bertambahnya umur kendaraan. Jadi, Anda bisa menjadikan PKB tahun sebagai patokan bagi PKB yang harus dibayar sekarang.

 

Selanjutnya ada pula biaya Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLJJ) yang harus dibayarkan. Besarnya biaya SWDKLLJ untuk motor yang harus Anda bayarkan sebesar Rp35.000. Lalu, ada juga biaya administrasi STNK motor sebesar Rp100.000 dan biaya Administrasi Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (Adm TNKB) untuk motor sebesar Rp60.000.

Coba kita hitung perkiraan biaya pajak untuk motor, misalnya PKB yang tercantum di STNK tersebut sebesar Rp450.000, maka dapat dihitung sebagai berikut.

 

BBN KB = 2/3 x PKB   = Rp300.000

PKB = Rp450.000

SWDKLLJ = Rp35.000

Biaya ADM STNK = Rp100.000

Total = Rp885.000

 

Jadi, dapat diperkirakan total biaya pajak balik nama sekaligus perpanjangan STNK sebesar Rp885.000. Namun, biaya ini belum termasuk denda jika ada keterlambatan.

Baca Juga:  Mengenal 4 Bentuk Cara Merawat Motor yang Mudah Dilakukan

 

Biaya di Luar Pajak

Selain biaya pajak, ada juga biaya di luar pajak yang harus dikeluarkan yang tercantum pada STNK. Biayanya sebagai berikut.

 

Tip untuk petugas Cek Fisik Rp10.000 (biasanya sukarela)

Pengesahan hasil Cek Fisik Rp30.000

Pendaftaran Balik Nama STNK Rp30.000

Pendaftaran Balik Nama BPKB Rp80.000

 

Jadi, keseluruhan biaya di luar pajak untuk motor sekitar Rp150.000.

 

Bagaimana, tidak sulit kan? Jadi, segera balik nama motor bekasmu menjadi atas nama kamu pribadi!

 

 

Sumber gambar: : oto.detik.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More