Home Tips dan Trik Berbagai Perawatan Motor Matic Injeksi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Berbagai Perawatan Motor Matic Injeksi yang Tidak Boleh Dilewatkan

by Rhonda Olson
Berbagai Perawatan Motor Matic Injeksi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Perkembangan teknologi juga merambah di bidang otomotif yang dibuktikan dengan berbagai macam variasi motor baru guna memberikan kenyamanan penuh bagi pengendara. Jika dulunya “motor bebek” menjadi favoritnya para pengendara, saat ini motor matic menjadi andalan masyarakat khususnya Indonesia. Hal ini dikarenakan motor berjenis matic dianggap lebih praktis dan nyaman dalam penggunaannya.

Berbagai Perawatan Motor Matic Injeksi yang Tidak Boleh Dilewatkan

Pada awalnya motor matic masih banyak diperhitungkan karena dianggap lebih boros dari “motor bebek”. Namun saat ini matic keluaran terbaru sudah menggunakan sistem injeksi sehingga konsumsi bahan bakarnya jauh lebih irit. Sistem injeksi ini juga akan membuat mesin motor tersebut lebih awet. Meskipun sudah dibekali dengan teknologi mutakhir, para pemilik dan pengguna harus tetap memperhatikan beberapa hal dalam merawat motor injeksi yang tidak boleh dilewatkan, diantaranya adalah:

Memanaskan Mesin Motor

Hal terpenting untuk merawat motor matic injeksi yang tidak boleh dilewatkan adalah memanaskan mesin pada pagi hari atau saat akan digunakan. Hal ini bertujuan agar seluruh bagian motor terlapisi oleh oli mesin serta menjaga kestabilan temperatur mesin motor. Lakukan pemanasan sekitar 5-10 menit.

Cek Kondisi Busi dan Aki

Komponen yang mendukung performa motor matic injeksi terletak pada busi dan aki. Kedua komponen ini harus selalu dijaga dan dirawat agar tetap berfungsi dengan baik. Jika terjadi permasalahan maka Anda harus menggantinya dengan komponen baru. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya Anda tidak mengalami mogok di tengah jalan saat bepergian.

Rutin Mengganti Oli Mesin

Agar mesin motor tetap awet dan memiliki kinerja yang baik, maka gantilah oli mesin secara rutin. Pada umumnya penggantian oli mesin dilakukan pada pemakaian 1.500 hingga 2.000 km. Anda bisa menggantinya sendiri di rumah maupun di bengkel namun harus tetap sesuai dengan oli standar matic.

Berkendara Dengan Baik

Baca Juga:  Aliran-Aliran Dalam Dunia Modifikasi Vespa

Usahakan untuk selalu menggunakan motor matic dengan baik. Salah satunya yaitu menjaga kestabilan kecepatan sehingga mesin motor tetap awet dan tidak cepat rusak.

Cek Bahan Bakar

Anda juga harus memastikan tangki bahan bakar selalu terisi karena jika sampai dalam kondisi kosong maka motor akan langsung mogok. Usahakan untuk membeli bahan bakar di SPBU karena beberapa tempat bahan bakar eceran biasanya sering dicampur sehingga dapat menyebabkan kerusakan mesin dengan cepat akibat pembakaran mesin yang tidak baik.

Periksa Roller dan V-belt

Roller dan V-belt merupakan komponen pendukung yang sering mengalami kerusakan akibat seringnya pemakaian dan banyaknya kotoran pada ruang transmisi sehingga Anda harus memeriksanya secara rutin dan segera ganti dengan komponen baru saat mengalami kerusakan.

Periksa Shockbreaker

Anda harus secara berkala memeriksa kondisi oli dan kinerja single shockbreaker karena akan mempengaruhi performa motor matic. Biasanya penggantian oli dilakukan setiap pemakaian 10.000km. untuk meminimalisir kerusakan, jangan letakkan bebas lebih saat mengendarai motor.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More