Berbagai Jenis Spare Part Motor Dan Fungsinya

Bagi para pengguna motor sudah seharusnya paham apa saja jenis-jenis spare part motor dan fungsinya. Namun, tidak sedikit pengguna motor yang belum tahu dan paham mengenai hal tersebut. Dalam artikel ini kami akan berbagi informasi mengenai spare part khusus motor berserta fungsinya. Dengan mengetahui hal tersebut diharapkan pengendara motor dapat melakukan perawatan dengan benar.

Ban Motor

Ban merupakan bagian motor yang fungsinya  sebagai titik tumpu motor tersebut. Motor tanpa ban tentu saja tidak bisa jalan. Ada dua jenis ban yang dijual dipasaran yaitu, yang Pertama adalah ban biasa dan yang Kedua adalah ban tubles.

Jika ban yang Anda beli kualitasnya bagus, waktu pemakaiannya bisa sampai 1-2 tahun. Setelah melewati waktu tersebut, ban harus segera diganti dengan yang baru. Jika masih digunakan bisa membahayakan pengguna motor itu sendiri dan pengguna jalan lainnya. Apabila ban bocor segera ganti dengan yang baru.

Aki Motor

Aki motor merupakan bagian penting pada motor yang harus dirawat dan diperhatikan. Sebaiknya periksa aki motor secaa berkala. Fungsi aki adalah sebagai penyalur daya atau untuk menghidupkan motor dan sebagai tenaga cadangan untuk keperluan mesin motor dan aksesoris kelistrikan pada motor.

Oli Motor

Selain ban dan aki, komponen penting lainnya pada motor adalah oli. Fungsi oli adalah sebagai pelumas mesin. Apabila oli pelumas tidak layak pakai bisa mengakibatkan kerusakan pada mesin, apalagi jika digunakan untuk perjalanan jauh. Jadi sebaiknya ganti oli minimal 1 bulan sekali.

Baca Juga: Informasi Harga Perlengkapan Motor Paling Baru Januari 2017

Kampas Dan Tali Rem Motor

Rem merupakan spare part motor, mobil dan kendaraan lainnya yang vital. Fungsinya adalah untuk mengendalikan laju kendaraan. Jika rem tidak berfungsi berpeluang terjadi kecelakaan. Oleh sebab itu selalu perhatikan kampass dan tali rem. Jika menggunakan rem jenis cakram sebaiknya sering lakukan perawatan atau bawa ke bengkel/ tempat service.

Lampu Motor

Lampu menjadi bagian penting motor, apalagi dengan adanya peraturan menyalakan lampu saat berkendara. Komponen ini terhubung dengan aki, jadi perhatikan kondisi aki motor. Jika lampu menyala terang artinya kondisi aki dalam keadaan normal.

Rantai Motor

Bagi Anda yang memiliki motor, bagian rantai merupakan komponen penting. Jika rantai tidak berfungsi dengan baik maka roda tidak akan berputar. Oleh sebab itu periksa rantai dalam kondisi yang baik.

Busi Motor

Sama halnya dengan komponen motor lainnya, jika tidak ada busi motor tidak bisa digunakan. fungsinya adalah sebagai pemantik api sehingga busi bisa melakukan pembakaran bahan bakar. Sebaiknya sediakan cadangan busi untuk antisipasi terjadi masalah.

Selain jenis-jenis spare part motor yang sudah kita bahas di atas, masih ada spare part lainnya yang tidak kalah penting, seperti kaburator, tali gas dsb.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *