Home Aksesoris Motor Berbagai Aksesoris Motor yang Dilarang Digunakan

Berbagai Aksesoris Motor yang Dilarang Digunakan

by Rhonda Olson
Berbagai Aksesoris Motor yang Dilarang Digunakan

Memiliki motor dengan performa baik adalah impian setiap pengendara, namun adanya tambahan aksesoris motor akan menambah tampilan semakin menarik dan berkesan limited. Aksesoris tambahan pada motor tidak boleh dipasang sembarangan berdasarkan keinginan saja melainkan harus mempertimbangkan fungsi yang harus lebih meningkatkan kualitas motor tersebut agar terhindar dari beberapa resiko membahayakan seperti kecelakaan khususnya saat musim hujan. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Berbagai Aksesoris Motor yang Dilarang Digunakan

Sarung Tangan Polyester

Aksesoris motor yang dilarang lainnya yaitu sarung tangan berbahan polyester. Sarung tangan jenis ini sangat tidak cocok digunakan saat musim hujan karena polyester akan menjadi licin saat terkena air. Selain itu hindari sarung tangan yang ukurannya melebihi ukuran tangan karena fungsi utama sarung tangan adalah melindungi dan memberikan kenyamanan berkendara.

Ukuran Kecil Ban Motor

Ukuran ban motor harus disesuaikan dengan body motor dan standar dari pabrik. Jika Anda nekad mengganti ban motor dengan ukuran yang lebih kecil maka akan mudah terpeleset karena sentuhan permukaan ban dengan lintasan jalan semakin sedikit menyebabkan daya cengkeram juga sedikit. Selain itu dikhawatirkan jika terdapat lubang yang tertutup kubangan air dan Anda tidak mengetahuinya, maka motor sangat memungkinkan untuk terguling.

Footpeg Logam

Pijakan kaki atau footpeg yang berbahan logam juga akan membahayakan pengendara motor. Hal ini dikarenakan bahan logam yang terkena air hujan akan membuat kondisinya semakin licin sehingga sangat memungkinkan pengendara mudah terpeleset hingga terjatuh.

Grips Stang Berbahan Logam

Aksesoris motor yang dilarang digunakan khususnya saat musim hujan adalah grip stang berbahan logam. Bagian ini memiliki fungsi vital karena akan mengatur rem motor Anda. Banyak orang yang mengganti grips stang ke bahan logam karena akan menambah daya tarik tampilan motor mereka, tetapi bahan logam tersebut justru menyebabkan cengkraman tangan sering meleset sehingga sangat berbahaya jika ingin mengerem mendadak.

CVT Variasi

Baca Juga:  Spesifikasi dan Harga Motor Trail Terbaru 2018

Aksesoris motor CVT atau Contunously Variable Transmission pada motor matic sebaiknya menggunakan produk asli dari pabrik karena sudah dirancang sedemikian rupa dan fungsinya dapat melindungi komponen vital lainnya. Jika Anda memaksakan menggunakan CVT variasi dikhawatirkan tidak dapat melindungi bagian vital motor karena banyaknya lubang pada produk tersebut sehingga akan mudah rusak.

Lampu HID Putih

Lampu High Intensity Discharger (HID) atau lampu xenon merupakan aksesoris motor yang tidak boleh ditinggalkan karena sebagai penerangan di saat malam hari. Namun Anda dilarang menggunakan HID Putih karena dapat menyamarkan pandangan sehingga bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Jadi dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa tidak semua aksesoris yang terpasang pada motor akan memberikan kesan indah namun justru dapat membahayakan pengendaranya. Maka sebagai pengendara harus lebih cermat dalam memilih aksesoris tambahan pada kendaraan. Setuju?

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More