Home Perawatan Motor Berapa Biaya Kuras Oli Matic yang Harus Anda Keluarkan?

Berapa Biaya Kuras Oli Matic yang Harus Anda Keluarkan?

by Rhonda Olson

 

Oli motor adalah komponen penting yang tak dapat dilepaskan dari kendaraan bermotor yang Anda miliki. Sudah selayaknya Anda memilih oli motor terbaik, supaya mesin motor tidak mudah aus. Pasalnya, oli menjaga jalannya mesin agar selalu mulus.

 

Nah, harga oli di pasaran cukup beragam, tetapi biasanya berkisar antara tiga puluh lima ribu rupiah hingga tujuh puluh lima ribu rupiah. Secara rutin, untuk menjaga kinerja mesin tetap baik, Anda harus mengganti oli motor. Namun, setiap motor telah menempuh jarak lima puluh ribu kilometer, sebaiknya Anda melakukan kuras oli.

 

Seringkali orang-orang awam menganggap bahwa kuras oli tak beda jauh dengan ganti oli. Padahal, ada perbedaan besar antara keduanya, lho. Kenali apa saja perbedaannya agar Anda tidak terkejut saat harus melakukan perawatan ini.

 

Oli yang Dibuang

Dalam proses ganti oli, oli yang terbuang biasanya hanya mencapai tiga hingga empat liter. Maka, kita pun hanya perlu menambah sedikit oli saja. Namun dalam proses kuras oli, oli yang dibuang bisa mencapai sepuluh hingga dua belas liter. Itulah alasan mengapa proses kuras oli memakan waktu lebih lama. Maka dari itu, bila Anda harus melakukan proses kuras oli, pastikan Anda memiliki waktu luang yang cukup.

 

Mesin yang Dibuka

Saat mengganti oli motor, Anda hanya perlu membuka baut yang terletak pada daerah carter di gearbox, atau lebih mudahnya, oli yang dibuang hanya terletak pada bagian bak oli. Namun pada proses kuras oli, oli yang ada dalam converter juga harus dibuang. Mengapa hal ini harus dilakukan? Pasalnya, kuras oli juga bertujuan untuk membuang kotoran-kotoran sebagai dampak dari kinerja mesin dan oli yang mengendap. Pembuangan kotoran ini amat penting supaya motor tidak cepat rusak dan kinerja mesin menjadi terganggu.

 

Baca Juga:  Tips Mudah Perawatan Motor Injeksi

Biaya Kuras Oli

Biaya yang harus Anda keluarkan untuk melakukan kuras oli rupanya cukup mahal, lho. Bila sekali ganti oli paling-paling Anda hanya membutuhkan biaya lima puluh hingga seratus lima puluh ribu rupiah, maka lain halnya dengan biaya kuras oli yang bisa mencapai tiga ratus ribu rupiah bahkan hingga di atas lima puluh ribu rupiah. Biaya kuras oli matic dan motor jenis lainnya memang mahal, untuk itu, siapkan dana terlebih dahulu ya sebelum melakukan proses kuras oli.

 

Kuras oli memang merupakan proses perawatan yang cukup rumit dan membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Itulah alasan mengapa kuras oli juga dikenal dengan istilah ‘ganti darah’, karena semua oli yang ada di dalam motor dibuang dan betul-betul diganti dengan yang baru dan lebih jernih tentunya.

 

Meskipun biaya kuras oli memakan waktu lama dan dengan biaya yang cukup mahal, tetapi sebaiknya Anda jangan menunda-nunda waktu untuk melakukan kuras oli. Pasalnya, ada banyak dampak yang akan Anda temui saat menunda-nunda untuk menguras oli, padahal kilometer yang Anda tempuh sudah mencapai lima puluh ribu:

-Mesin motor menjadi kasar

-Motor tidak enak digunakan

-Dalam jangka waktu lama, motor bisa menjadi aus dan bahkan harus turun mesin

 

Perawatan motor memang membutuhkan biaya, dan itu risiko yang memang harus Anda hadapi apabila memiliki kendaraan bermotor. Jangan tunda-tunda sampai kendaraan bermotor Anda menjadi rusak, ya. Biaya yang harus Anda keluarkan akan berlipat ganda, lho. Tidak mau bukan hal itu terjadi pada Anda?

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More