Beragam Jas Hujan dan Manfaatnya

jas hujan

Jas hujan merupakan pakaian yang tahan terhadap air yang dikenakan untuk menghindarkan tubuh pada hujan. Manfaat utama mantel hujan yang dipakai untuk meminimalkan masuknya air pada tubuh dan pakaian. Kebanyakan mantel hujan didesain dengan warna cerah untuk memudahkan dalam menggunakannya terlihat pada saat hujan yang lebat ketika jarak penglihatan mata berkurang.

Pakaian anti hujan ini biasa disebut mantol, dan pakaian ini didesain dengan berbagai model yang beraneka ragam manfaat dari masing-masing desain, mantol dengan berbagai jenis desain tersebut memang sengaja dibuat berbeda-beda karena disesuaikan dengan kebutuhan seseorang yang tidaklah sama, seseorang dengan aktivitasnya yang beraneka ragam. Baiklah daripada kita bingung tentang beragam pakaian hujan ini dibawah ini akan dijelaskan mengenai jenis-jenis dari pakaian hujan.

Berikut ini merupakan jenis-jenis dari jas hujan yang berdasarkan desain atau bentuknya yaitu:

  • Ponco

Jas tersebut kerap disebut sebagai baju hujan klebet sebab bentuknya yang begitu sederhana, mirip dengan jubah yang mempunyai belahan pada samping, padahal karena memang pada bagian sampingnya tidak tertutup.

  • Overcoat

Merupakan baju hujan yang mirip seperti jaket. Di Indonesia sendiri mantol tersebut biasanya dipakai oleh pekerja di pertambangan dan pihak kepolisian. Bila saat hujan polantas mengenakan jaket yang berwarna putih yaitu jaket yang panjang menjuntai ke bawah.

  • Model jaket training

Jas ini adalah jas yang sesuai namanya. Atasannya jaket dan setelan pada bawah berupa celana.

  • Model rok atau gamis

Yaitu jas model terbaru yang bentuknya mirip gamis. Jas ini sesuai untuk wanita yang lebih sering beraktivitas memakai gamis atau rok Panjang.

Baca Juga : Harga Helm Ink Terbaru

Usahakan untuk memilih ukuran mantol, yaitu memilih ukuran yang agak besar daripada ukuran yang biasa dipakai, hal ini bermanfaat selain untuk memberi rasa kenyamanan dan menjaga kualitas baju hujan tidak gampang rusak. Ukuran pakaian hujan baiknya pilih satu diatas ukuran biasa, misal biasa memakai ukuran M, maka pilihlah baju hujan dengan ukuran L, hal ini bermanfaat untuk dapat menunjang kenyamanan sewaktu mengendarai kendaraan agar tidak menghalangi gerakan tubuh.

hujan adalah peristiwa yang tidak tentu kapan datangnya hujan bisa sewaktu waktu turun dan panas juga bisa datang kapan saja. Untuk menyadari hal tersebut pada musim penghujan seperti ini jika hendak berpergian selalu membawa jas hujan atau keperluan lain yang dapat membantu kita, apabila dalam perjalanan terjadi hujan. Segala sesuatu harus sudah betul-betul dipersiapkan. Untuk kita tidak akan merasa bingung-bingung lagi untuk mencari dimana tempat untuk berteduh. Dalam perjalanan setelah kita mengusahakan tidak terkena air hujan, kita juga harus selalu waspada pada keamanan yang mungkin mengancam diri kita.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *