Benarkah Knalpot Motor Racing Dapat Membuat Mesin Hancur?

Memiliki sepeda motor di jaman yang semakin berkembang ini sudah menjadi suatu hal yang biasa. Terlebih lagi dengan berkembangnya dunia otomotif yang telah menjadikan hampir semua kalangan menyukai dunia otomotif terlebih lagi bagi para lelaki yang tidak akan terlepas dari dunia motor, banyak diantara mereka yang sering melakukan bongkar pasang kendaraan. Namun hal yang paling sering dilakukan yaitu mengenai penggunaan knalpot yang mana tanpa mereka sadari dalam hal penggunaan knalpot motor yang tidak benar justru menjadikan mesin pada kendaraan bermotor akan mengalami kerusakan.

Bagi Anda menyukai dunia otomotif akan tetapi belum mengerti betul mengenai bongkar pasang kendaraan, tentu akan menjadikan kendaraan Anda justru mengalami masalah, dengan begitu maka Anda wajib untuk memperhatikan segala sesuatunya dengan baik agar tidak terjadi kerusakan pada sepeda motor yang sedang Anda lakukan sebagai uji coba. Hal yang sering dilakukan yaitu mengenai pergantian pada knalpot kendaraan terlebih lagi pada knalpot racing yang akan memberikan dampak negatif yang jauh lebih banyak jika dibandingkan dengan dampak positif nya. Selain menimbulkan suara bising yang dapat mengganggu tetangga, maka ada pula dampak negatif yang lainnya dari penggunaan knalpot racing.

Adapun hal-hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum mengganti knalpot motor standar Anda dengan racing

  1. Knalpot racing menyebabkan boros bahan bakar.
  2. Knalpot racing dapat mengganggu pengguna jalan yang lain.
  3. Dapat mencemari udara dari asap yang dikeluarkan knalpot yang dapat mengganggu pengguna jalan lainnya.
  4. Knalpot bising juga akan menjadikan Anda atau orang lain tuli.
  5. Knalpot racing pun juga rawan akan polisi atau rawan di tilang.
  6. Tidak dapat masuk perumahan.
  7. Memberi kesan ugal-ugalan.

Bagi mesin kendaraan yang masih standar aliran pada bahan bakar telah diatur sedemikian rupa dengan penggunaan knalpot standar. Akan tetapi apabila knalpot standar tersebut Anda ganti dengan knalpot racing, maka hal ini akan membutuhkan campuran berupa bensin yang jauh lebih banyak hal ini bertujuan agar tenaga mesin jauh lebih baik lagi dan dapat berlari kencang, namun hal ini justru akan menjadikan mesin lebih cepat panas karena adanya pembakaran kering dan apabila dibiarkan maka akan mempercepat kehausan pada komponen mesin.

Apabila Anda ingin menggunakan knalpot racing, maka Anda harus melakukan beberapa modifikasi yang ada pada mesin, misalnya dengan melakukan porting polish, celah klep dengan diubah setelannya dan juga spuyer diperbesar. Dengan begitu maka tenaga yang akan dihasilkan oleh motor pun akan jauh lebih baik lagi, namun pada pemakaian bahan bakar pun juga akan lebih boros. Sebagus apapun knalpot motor maka akan ada efek sampingnya.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *