Batpod, Motor Unik Batman

Motor unik  Batman yang dimiliki oleh tokoh Batman bisa dilihat sejak pertama kali kemunculuannya pada layar kaca di tahun 1960an. Yamaha 250cc yang di modifikasi dengan tambahan mobil samping untuk Robin gunakan dan mampu melepaskan diri dari motor dan berkendara sendiri. Bahkan, dulu Batgirl mempunyai sendiri motor yang ia gunakan ketika mengejar musuh-musuhnya. Kini, Batman menggunakan Batpod. Motor yang muncul pertama kali pada Dark Knight, hingga akhirnya menjadi kendaraan Catwoman pada The Dark Knight Rises. Batpod dikisahkan merupakan karya sang Director Christopher Nolan dan Desain Producer, Nathan Crowley. Selama sebulan mereka merakit model dari plastik untuk nantinya dijadikan motor nyata untuk pembatan film Dark Knight.

Motor ini bisa memanjangkan dan memendekkan rangka motor ketika melakukan manuver. Batpod bisa sejajar dengan jalan dan sadel motor bisa berotasi dengan bebas, sehingga membuat Batman bisa melakukan posisi yang ia inginkan di atas motor ini. Sungguh mengagumkan. Bagian lain dari motor ini yang menarik adalah letak pad untuk kaki beristirahat yang merupakan radiator dari motor. Knalpot motor yang diletakkan tersembunyi merupakan salah satu cara untuk memberikan tampilan menarik sehingga siapa pun yang melihat akan tidak menyadari keberadaannya. Mesin motor terletak secara built-in dan bersatu dengan roda. Kembali ini merupakan inovasi yang jarang ditemukan pada motor biasa. Tambahan lain yang dimiliki motor ini adalah senjata senapan mesin kaliber 50 dan kanon 40mm yang dipasang pada built-in pada rangka motor sehingga motor unik ini mampu menjatuhkan musuh-musuh Batman dengan mudah, seperti yang terlihat pada film.

Baca Juga : HARGA VESPA TERBARU DAN TERKINI

Pada dasarnya, Batpod, merupakan gabungan dari beberapa teknologi. Antara lain adalah teknologi single wheeled engine, mesin yang di tanam langsung pada roda kendaraan. Franco Sbarro yang memperkenalkan teknologi ini dan diadopsi oleh Christopher Nolan pada film Dark Knight. Teknologi ini sudah di kembangkan dan di gnakan untuk berbagai keperluan seperti roda mobil, roda motor dan bahkan bianglala Big O di Tokyo Dome menggunakan teknologi ini. Pada Batpod, mesin yang digunakan bukan satu melainkan dua. Pertama terletak di bawah sadel yang digunakan sebagai pusat gravitasi dari kendaraan ini ,tempat Batman mengendalikan Batpod, dan satu lagi terletak pada ban belakang Batpod. Diperlukan komputerisasi untuk sinkronisasi kedua mesin ini agar bergerak sesuai dan selaras.

Untuk mengendalikan motor ini, tidak cukup hanya dengan menggunakan hand bar seperti pada motor biasa, namun di perlukan kekuatan lebih karena roda yang digunakan begitu besar. Terlihat pada film, untuk melakukan manuver, diperlukan seluruh badan untuk bisa mengendalikan motor tersebut ketika melakukan belokan atau manuver-manuver lain. Motor unik ini pun menjadi inspirasi bagi beberapa orang yang mencoba membangunnya sendiri. Beberapa dari mereka berhasil dan mampu menarik perhatian netizen yang memiliki minat yang sama. Bagi pecinta Batman di Tanah Air, mungkin bisa pula membangun sendiri Batpod dan berjalan-jalan di jalanan kota.

Demikian ulasan mengenai Batpod, motor unik Batman yang gagah dan mutakhir. Semoga bermanfaat.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *