Bagian Onderdil Motor yang Sering Mengalami Kerusakan

Memiliki sepeda motor sendiri sepertinya begitu menyenangkan. Kegiatan kita menjadi lebih cepat dilakukan, bahkan kita bisa berpergian keliling kota dengan begitu efisien dan cepat. Namun, apakah motor Anda pernah mogok secara tiba-tiba di tengah jalan? Atau motor yang Anda miliki sekarang begitu terasa aneh dan kurang nyaman untuk dikendarai? Ada berbagai macam hal yang dapat membuat motor mati atau terasa aneh. sebenarnya, terdapat beberapa onderdil motor yang memerlukan perhatian lebih.

Pertama, busi. Busi merupakan onderdil yang sering rusak dan membuat masalah besar untuk motor kita. Lebih-lebih saat kita sedang asyik berjalan-jalan. Busi memiliki kontribusi yang begitu besar untuk kehidupan motor kita. Biasanya, saat motor mati di tengah jalan dan sampai di bengkel, busi akan langsung di cek oleh montir. Selain sudah usianya, busi dapat mati atau mengalami kerusakan saat terkena cairan. Cairan ini dapat berupa air yang nyelip dalam rongga busi atau dapat berasal dari oli mesin yang naik di ruang pembakaran. Sehingga, busi akan menjadi basah serta tidak dapat memercikkan bunga api. Salah penggunaan busi juga menjadi biang kerok. Penggunaan busi dengan embel-embel racing di mesin yang standar juga akan memperpendek umur dari busi karena tidak sesuai. Jika Anda tidak ingin busi lekas rusak, gunakan busi yang sesuai dengan rekomendasi pabrik.

Kedua, kampas rem. Onderdil motor ini memang sudah pasti akan rusak atau aus. Part ini entah di rem tromol atau pun cakram mempunyai usia yang singkat. Cepat atau tidak, bagian ini pasti mengalami aus. Aus dapat terjadi karena berbagai macam hal. Setelah rem yang terlalu kencang, penganut paham gas rem bisa membuat party ini menjadi lebih cepat berumur dibandingkan dengan yang biasanya. Selain itu posisi velg yang tidak rata juga dapat membuat part ini mengalami aus sebelah. Agar bisa memperpanjang usianya, pergunakan kampas rem yang berkualitas atau original..

Baca Juga: TIPS TEPAT MERAWAT ONDERDIL MOTOR AGAR LEBIH TAHAN LAMA DAN AWET

Ketiga, bohlam. Part ini juga cepat mengalami kerusakan. Bohlam yang menghasilkan cahaya tidak pandang bulu mulai dari rem, sen hingga speedometer juga sering putus, mungkin karena kualitas yang dimiliki bohlam sekarang ini kurang bagus, namun ada pula kemungkinan kelistrikan motor yang Anda miliki mengalami masalah sehingga putus bohlam tumbalnya. Cek dengan baik kelistrikan pada motor Anda.

Terakhir, komstir. Urusan menghajar lubang akan berdampak pada leher roda dan komstir yang cepat rusak. Untuk komstir, selain menghajar lubang, ia juga lekas rusak jika salah dalam pemasangan. Komstir ini memiliki harga yang cukup menguras kantong, apa lagi untuk onderdil motor yang asli dari pabrik. Jadi, agar Anda tidak cepat-cepat melakukan pergantian part, usahakan selalu mengendarai motor dalam kondisi yang baik.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *