Home Perawatan Motor Baca Ini Dulu Sebelum Mengubah Motormu Jadi Tiger Modif

Baca Ini Dulu Sebelum Mengubah Motormu Jadi Tiger Modif

by Rhonda Olson

Hallo sobat motoraja.com semua, seperti biasa, dunia otomotif memang engga ada habisnya. Karena masuk ke dalam hobi, pasti banyak banget inovasi yang hadir dalam dunia ini. Kali ini, motoraja.com akan membahas mengenai motor Tiger 2000. Honda Tiger 2000 adalah motor yang sangat legendaris, diproduksi sejak tahun 1993 hingga 2006 sudah banyak modifikasi dari motor ini. Motor ini terdiri dari dua tipe, yaitu Honda Tiger 2000 Cruiser dan Honda Tiger 2000 New Cruiser. Bedanya, Tiger 2000 Cruiser adalah generasi awal dari Tiger 2000 dan diproduksi sejak tahun 1993 hingga tahun 2002. Sementara Tiger 2000 New Cruiser diproduksi sejak tahun 2002-2006. Honda Tiger 2000 memiliki tampilan yang lebih klasik tapi tetap manly. Sementara Tiger 2000 New Cruiser didesain lebih modern. Pada masanya, motor ini memiliki banyak penggemar loh, karena motor ini unggul dari mesin. Pada era 90-an, jarang loh ada motor yang hadir dengan mesin 4 tak. Selain itu, motor ini dilengkapi dengan transmisi percepatan volume silinder 200 cc.

Perbedaan utama dari Tiger 2000 Cruiser dan Tiger 2000 New Cruiser yang paling terlihat dari bodinya adalah bagian lampu. Jika pada Tiger 2000 Cruiser dilengkapi dengan model lampu single bohlam, sedangkan pada Tiger 2000 New Cruise sudah menggunakan dua bohlam. Bohlam-bohlam tersebut dipasang secara horizontal shingga menghasilkan tampilan yang lebih menarik. Tapi, kedua jenis lampu ini sudah menggunakan reflektor multilensa sehingga pas untuk menerangi jalana ketika gelap dan memberi peringatan pada pengendara di depan.  Kelebihan lain dari kedua jenis motor ini adalah desainnya yang sudah sangat sporty di masanya. Yah, maklum lah ya motor-motor yang memang diperuntukkan untuk kaum adam ini memang dituntut untuk memiliki kesan manly dan sporty. Kemudian, motor ini sangat bisa diandalkan, seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa mesin motor ini sudah dilengkapi dengan mesin 4 tak DOHC satu silinder. Denga mesin tersebut mampu memberikan torsi maksimum 1.60 gf.m. Selain itu, motor berkopling 6 ini mampu bermanuver dengan lincah di jalanan. Kemudian, kerangka dari motor ini telah dilengkapi dengan diamond style sehingga terlihat kokoh namun tetap ringan.

Baca Juga:  Tips Mudah Perawatan Motor Injeksi

Sayangnya, motor keren ini memiliki fitur yang cukup minim. Yah, maklum lah ya, dia motor yang sudah cukup lawas mengaspal di jalanan Indonesia. Selain itu, motor gede ini juga membutuhkan konsumsi bahan bakar yang banyak sehingga cukup boros. Sistem bahan bakar motor ini masih berjenis karburator. Jadi, tidak heran jika konsumsinya cukup boros. Pada bagian tangki menggunakan bahan bakar tangki yang cukup tipis sehingga khawatir mudah dimasuki air atau bocor. Selain itu, rantai yang ada pada motor ini juga cukup berisik. Terakhir, motor ini memiliki sparepart yang cukup mahal sehingga untuk biaya perawatan, para pemilik motor ini harus mau mengeluarkan extra budget ya.

Dengan segala kelebihan dan kekurangan motor ini, rupanya produsen Tiger 2000 memanjakan para pemiliknya dengan motor yang sangat mudah untuk dimodifikasi.  Ini dia inspirasi Tiger modif untuk pembaca motoraja.com sekalian. Admin menyarankan untuk memodifikasi motor ini dengan gaya street fighter. Motor ini memang modificable banget. Cara untuk menjadikan motor gahar ini bergaya street fighter bisa mulai dengan mengganti setangnya dengan setang baplang. Kemudian, kaki-kakinya diganti dengan model upside down. Kemudian, pada bagian ban bisa menggunakan Bridgeston Batlax 110/60-70, sementara bagian belakang menggunakan Pirelli mt 180/60-70. Kalau ingin semakin lengkap, tambahkan juga dengan tangki Caviga planet. Yakin deh performa dan tampilan motor ini akan semakin gahar ketika mengaspal di jalanan.

Baca juga di sini https://review.bukalapak.com/auto/raja-touring-200-cc-dari-honda-tiger-2000-sampai-new-revolution-cruiser-42205

Picture by pixabay.com

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More