Awas Spare Parts Palsu !

Bagi pengendara motor mengganti  suku cadang memang hal biasa. Apalagi misalkan motornya memang digunakan dalam aktifitas tinggi. Adalah sangat lumrah bila ada saja spare parts yang harus diganti. Ya, selama untuk menjaga performa motor anda harusnya enggak masalah tentunya. Toh untuk kepentingan dan kenyamanan anda juga pada akhirnya. Yang menjadi masalah adalah bila anda baru mengganti suku cadang tersebut dan dalam waktu relatif tidak lama, anda kembali harus menggantinya. Kenapa ? Karena suku cadang normalnya  tidak cepat diganti kecuali untuk jenis – jenis tertentu yang memang harus rutin diganti. Seperti oli misalnya. Bila anda mengalami hal itu, bisa dipastikan ada yang tidak beres.  Setidaknya ada 2 hal yang mungkin menyebabkanya yaitu kurangnya perawatan motor anda dan suku cadang palsu. Nah, yang akan dibahas disini adalah tentang suku cadang palsu. Ini dampaknya akan sangat parah jika dibiarkan. Dompet anda bisa terkuras dalam gara – gara hal yang satu ini. Jadi, awas spare parts palsu!

Untuk menghindari  pembelian spare parts palsu, ada tips atau patokan yang bisa anda gunakan. Meskipun ini tidak menjamin 100%, tapi setidaknya bisa meminimalisir kesalahan. Dan buat anda yang ingin tau cara membedakan yang asli dan palsu, ini dia tips nya.

  • Harga

Jangan tergiur dengan harga miring. Itu patokan dasarnya. Spare parts asli tentu saja mempunyai harga yang standar berlaku sesuai merk masing – masing. Jadi anda harus mengecek harga standarnya dulu sebelumnya. Bila mendapati harga yang ditawarkan jauh di bawah harga standarnya, berhati – hatilah. Kemungkinan besar itu palsu atau ada bagian yang tidak berfungsi optimal. Jadi ada baiknya tidak anda beli.

Baca Juga:HARGA TERBARU BEBERAPA SPARE PARTS MOTOR

  • Kemasan

Spare parts asli biasanya diproduksi oleh pabrik – pabrik besar dengan teknologi yang canggih. Artinya bahwa dalam kemasanpun pasti dibuat dengan mesin berkualitas tinggi. Kemasan akan tampak bagus dengan warna yang tajam dan tulisan yang jelas. Jadi bila anda mendapati produk dengan kemasan yang agak meragukan,seperti  tulisan kurang tajam dan jelas, berhati – hatilah. Kemungkinan itu palsu.

  • Komponen atau bahan

Spare parts yang asli pasti terbuat dari bahan yang berkualitas tinggi juga pastinya. Dan punya standar sendiri yang tidak akan berubah  dalam jangka waktu yang lama. Bila anda mendapati produk dengan bahan beda dengan yang biasa anda pakai, berhati – hatilah. Kemungkinan itu palsu.

  • Garansi

Setiap produk asli buatan pabrik resmi pasti ada garansi pabriknya. Bila ketika anda menanyakan garansinya ke penjual dan anda hanya dikasih garansi toko atau distributor, berhati – hatilah. Kemungkinan itu palsu.

  • Dealer resmi

Untuk amannya belilah didealer resmi motor yang anda punyai.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *