Ayo Taat Pajak! Cara Cek Pajak Motor via Internet

cek pajak motor via internet

Memiliki kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat, mewajibkan anda untuk menyumbangkan pendapatan kepada negara dengan cara membayar pajak kendaraan. Akan tetapi, tidak jarang pemilik kendaraan lupa dengan tanggal jatuh tempo pembayaran pajak kendaraannya. Di zaman serba canggih ini, anda dapat memanfaatkan berbagai teknologi yang ada guna memudahkan aktivitas sehari-hari. Salah satunya adalah untuk mengetahui cara cek pajak motor via internet. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan anda. Terutama bagi anda yang sibuk bekerja sehingga tidak memiliki banyak waktu untuk mengecek pajak kendaraan ke kantor SAMSAT.

Kini anda dapat mengetahui besaran pajak kendaraan yang harus anda bayar melalui internet. Anda juga dapat mengetahui segala informasi terkait pajak kendaraan secara praktis, kapan saja dan dimana saja. Lalu, bagaimana caranya? Simak cara cek pajak motor via internet berikut ini!

Cara Cek Pajak Kendaraan via Internet

Penting untuk diketahui bahwa tidak semua belum semua daerah dapat menerapkan layanan cek pajak kendaraan bermotor via online atau biasa disebut e-samsat. Berikut adalah beberapa wilayah yang memiliki layanan cek pajak motor via internet:

1. DKI Jakarta

Bagi anda masyarakat DKI Jakarta, layanan cek pajak motor via internet sudah dapat anda nikmati melalui situs https://samsat-pkb.jakarta.go.id/INFO_KBM. Adapun cara mengeceknya sebagai berikut:
a. Buka situs e-samsat DKI Jakarta
b. Isi formulir dan data kendaraan anda secara lengkap kemudian klik “proses”
c. Situs akan menampilkan nominal pajak kendaraan anda. Akan tetapi, nominal pajak belum termasuk biaya denda jatuh tempo dan pajak progresif.

2. Jawa Tengah

Provinsi Jawa Tengah juga telah menyediakan layanan e-samsat yang dapat anda akses pada situs: http://dppad.jatengprov.go.id/info-pajak-kendaraan/. Situs akan menampilkan informasi kendaraan serta besaran pajak yang harus dibayarkan.

3. Yogyakarta

Sementara bagi anda yang berada di wilayah Yogyakarta, anda dapat mengakses situs: http://infonjkbdiy.com/.

4. Jawa Barat

Selain DKI Jakarta, cara cek pajak kendaraan bermotor via online juga dapat dilakukan bagi anda yang berdomisili di Jawa Barat. Situs yang dapat anda akses adalah http://bapenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/. Akan tetapi bagi kendaraan bermotor, pajak kendaraanya hanya dapat dicek melalui SMS. Namun, bagi anda yang ingin melakukan pembayaran pajak secara online, anda dapat menggunakan metode transfer ATM, internet banking, maupun SMS banking.

5. Jawa Timur

cek pajak motor via internet

Tidak ketinggalan, provinsi Jawa Timur juga telah menyediakan layanan cek pajak motor via internet guna memudahkan wajib pajak dalam membayar pajak. Anda dapat mengunjungi situs berikut: http://www.dipendajatim.go.id/page-info-pajak-kendaraan?uptd=dinas.
a. Kunjungi situs e-samsat Jawa Timur
b. Masukkan informasi plat nomor kendaraan anda. Kemudian masukkan kode verifikasi dan klik “cari”
c. Situs akan menampilkan informasi nominal pajak kendaraan anda diluar biaya pajak progresif serta denda jatuh tempo.

6. Aceh

http://esamsat.acehprov.go.id/

7. Riau

http://badanpendapatan.riau.go.id/infopajak

8. Kepulauan Riau

http://dispenda.kepriprov.go.id/#esamsat

9. Sulawesi Tengah

http://dispenda.sultengprov.go.id/addons/pkb.php

Adapun untuk langkah-langkah layanan cek pajak motor via internet melalui sistem e-samsat, memiliki langkah yang sama. Pemerintah akan terus mengupayakan agar layanan e-samsat dapat diakses seluruh provinsi yang ada di Indonesia.

Cek Pajak Kendaraan Menggunakan Aplikasi SAMSAT Mobile

cek pajak motor via internet

Bagi anda yang berada di wilayah Jakarta Timur dan Sumatera Barat, anda dapat mengunduh aplikasi SAMSAT Mobile di Play Store. Setelah berhasil diunduh, anda dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
1. Buka aplikasi yang telah anda unduh
2. Pilih layanan menu Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)
3. Kemudian isi informasi plat nomor kendaraan
4. Aplikasi akan menampilkan informasi pajak kendaraan serta jumlah pajak kendaraan dan tanggal jatuh tempo.

Setelah mengetahui berbagai informasi mengenai cek pajak motor via internet, pastikan bahwa anda menjalankan kewajiban untuk membayar pajak tepat waktu sehingga terbebas dari denda. Dengan kemajuan teknologi yang sangat pesat ini, anda juga dapat terlindung dari upaya membeli kendaraan curian yang menggunakan surat-surat palsu. Banggalah menjadi warga negara yang taat bayar pajak!

Related posts

STNK Hilang? Tak Usah Panik! Ikuti Langkah-langkah Berikut ini!

Cara Menghitung Besaran Denda Pajak Motor

Membayar Pajak Kendaraan Jadi Lebih Mudah Dengan Aplikasi SAMBARA

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Read More