Alat Bengkel Motor Non Manual yang Harus Dimiliki

Anda berminat untuk membuka usaha bengkel motor? Kalo iya, ada baiknya anda mengenal alat bengkel yang diperlukan ketika anda akan terjun di bidang ini. Dengan begitu anda juga bisa memperkirakan budget yang dibutuhkan.  Pada umumnya ada 2 jenis alat bengkel, yaitu yang sifatnya manual (menggunakan tenaga manusia) dan non manual (menggunakan tenaga mesin). Saat ini kita akan bahas alat bengkel motor non manual.

  • Multester

Alat bengkel ini berfungsi untuk mengecek kelistrikan motor. Harga alat ini dipasaran dari mulai ratusan ribu rupiah sampai jutaan ribu rupiah. Tentu saja perbedaan harga tersebut dipengaruhi oleh kualitas dan merk produsen alat tersebut. Budget anda lah tentunya yang menentukan akan memilih yang mana.

  • Kompresor

Menurut Wikipedia, kompresor adalah alat mekanik yang berfungsi untuk meningkatkan tekanan fluida mampu mangpat yaitu gas atau udara. Tujuan meningkatkan tekanan dapat untuk mengalirkan atau kebutuhan proses dalam suatu system yang lebih besar.  Harga alat bengkel  ini di pasaran untuk kompresor mulai dari harga 1 juta sampai puluhan juta.

  • Solder Listrik

Alat bengkel yang satu ini memang bukan murni khusus untuk bengkel motor. Tapi, memang dibutuhkan juga, meskipun tidak selalu di pakai. Fungsinya memang lebih ke arah piranti yang sifatnya elektrik, seperti menyambung kabel, menempelkan piranti elektronik, dan lain-lain. Harganya dipasaran relatif terjangkau, antara puluhan ribu rupiah sampai ratusan ribu rupiah.

Baca Juga:HARGA KOMPRESOR ALAT BENGKEL

  • Bor Listrik

Alat ini tentu saja digunakan untuk melubangi atau mengebor. Memang tidak urgen banget dalam arti tidak selalu dipakai. Tapi untuk kasus – kasus tertentu memang diperlukan. Jadi ada baiknya memang alat ini tersedia di bengkel. Harganya dipasaran memang cukup lumayan dari sekitar 300 ribuan sampai puluhan juta rupiah.

  • Las listrik

Sama seperti solder listrik, las listrik juga berfungsi untuk menyambungkan. Tapi medianya yang berbeda. Kalo solder berhubungan dengan kabel dan piranti elektronik, las listrik berhubungan dengan yang sifatnya besi– besi an. Kerangka Motor misalnya. Ini juga termasuk alat yang jarang dipakai tapi akan sangat berguna kalo ada. Harga las listrik dipasaran minimal 1 juta ke atas. Cukup menguras kocek memang.

  • Scanner motor injeksi

Sebenarnya pada umumnya bengkel motor cukup memiliki alat –alat di atas. Tapi dengan adanya motor bertipe injeksi, yang memerlukan alat khusus, bengkel pun harus menambah alat baru. Scanner motor injeksi memang berfungsi untuk mendeteksi keadaan motor injeksi. Harusnya  lebih mempermudah sebenarnya. Tapi mau tidak mau, bengkel motor harus mengeluarkan dana lagi untuk membeli alat tersebut. Harganya cukup lumayan di atas 5 jutaan.

Sudah terbayang? Selamat berhitung.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *