Aksesoris Motor Knalpot Tanpa Suara

Ketika sedang berjalan di daerah perumahan, lalu tetiba ada sebuah motor dengan kecepatan sedang melaju. Sang pengendara tersenyum sambil lalu dan kamu pun berusaha membalas senyum tersebut, walau sesaat ragu. Senang jika ada pengendara yang ramah dan tahu aturan kecepatan ketika sedang berkendara. Namun, sayangnya pada saat itu suara knalpot motor tersebut terlalu bising. Lalu kamu membayangkan jika ada aksesoris motor knalpot tanpa suara, bagaimana jadinya ya? Tentunya selain tersenyum, kalian pun bisa saling tegur sapa. Di satu sisi, bagi pengendara, jika suara knalpot tidak ‘sangar’, seakan ada yang kurang karena suara mesin jadi seakan kurang bertenaga, kurang ‘greget’. Mungkin itu cuma euphoria bagi para pengendara motor namun ada yang terasa kurang jika suara tidak ‘gahar’ menurut para pengendara maka knalpot sebagai aksesoris motor menjadi bagian penting yang suka di modifikasi oleh para pengendara motor.

Knalpot selain menjadi aksesoris motor, juga memiliki fungsi lain, yaitu sebagai alat untuk mengurangi polusi. Semakin hari polusi kian bertambah dan dengan berkembangnya teknologi, selain mengurangi polusi suara, sudah pasti polusi udara pun perlu di perhatikan. Namun, di masyarakat yang masih melihat knalpot motor hanya sebagai saluran pembuangan dari mesin motor, pendapat bahwa suara motor memang perlu terdengar ‘gahar’. Produsen knalpot Yoshimura masih menjadi produsen produk knalpot dengan suara terbising. Lalu disusul oleh knalpot R9, knalpot racing yang sudah banyak peminat di masyarakat.

Baca Juga: 3 HAL YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MODIF MOTOR

Kekuatan mesin dan suara aksesoris motor yang ‘gahar’ bagi beberapa pengendara pun sudah tidak menjadi pusat perhatian. Sehingga beberapa dari mereka mencoba untuk ‘menghilangkan’ suara dari knalpot dengan modifikasi knalpot mereka. Berikut adalah beberapa cara untuk dapat ‘menghilangkan’ suara knalpot yang bising. Pertama adalah dengan menghilangkan sekat saringan di dalam silencer dan setelah menghilangkan sekat tersebut, ketika memasang kembali, haruslah secara tepat. Setelah itu, yang perlu dilakukan adalah mengganti leher knalpot dengan ukuran yang lebih besar. Pipa yang dimaksudkan ada dua macam ukuran. Pertama adalah ukuran pipa yang menyambung ke mesin motor perlu lebih besar daripada ukuran pipa yang semula (bawaan pabrik) lalu begitu pula dengan ukuran pipa yang menyambung ke silencer agar lebih besar daripada ukuran pipa knalpot yang asli. Lalu setelah itu yang perlu dilakukan adalah menutup ujung dari knalpot. Hal in bisa dilakukan dengan berbagai macam variasi selama tutup tersebut dipastikan rapat sehingga suara dari knalpot tidak lagi bising. Demikian salah satu cara untuk ‘menghilangkan’ suara bising dari knalpot motor anda. Siapa tahu bisa bermanfaat dan berguna bagi mereka yang membutuhkan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *