Agar Tidak Salah Memilih Shockbreaker Perhatikan 4 Hal Penting Berikut!

Inovasi di dunia otomotif memang tidak pernah ada habisnya sebab banyak pemilik kendaraan mencoba mempercantik tampilannya. Salah satunya adalah dengan memotong atau menghilangkan per yang terdapat di dalam shockbreaker. Sehingga motor yang bersangkutan akan terlihat lebih pendek atau ceper, yang oleh sebagian orang dianggap keren. Akan tetapi tindakan ini ternyata kurang tepat diterapkan karena merubah bagian breaker bisa berujung pada masalah fatal. Kenyamanan tidak akan didapatkan dan kemungkinan membuat performa motor menurun semakin tinggi.

Agar Tidak Memilih Breaker Bekas

Boleh saja mengganti shock dengan yang baru namun pastikan yang berkualitas dan bukan produk bekas yang di amplas ulang agar terlihat baru. Supaya tidak tertipu produk bekas maka pada saat memilih komponen ini perhatikan beberapa hal berikut:

  • Kualitas cat yang dimiliki,

Shock yang ada di pasaran mayoritas memiliki warna terang, dan untuk merek original bawaan pabrik kerap dibuat polos tanpa cat. Kalau membeli yang asli terlalu mahal maka bisa beralih ke produk umum di pasaran namun pastikan benar-benar baru bukannya bekas. Cara pertama adalah memperhatikan catnya, kalau catnya mulus dan tidak bertumpuk-tumpuk maka menunjukan masih baru.

  • Memperhatikan kode unik pada tubuh shock,

Semua produk komponen mesin dan atribut lain pada kendaraan, termasuk motor, tentu akan dibekali dengan kode unik. Demikian pula dengan shockbreaker yang umumnya diberi kode berupa gabungan antara angka dan huruf dengan susunan tertentu. Bagian kode ini biasanya mulus dan tidak tertimpa oleh cat dan kalau tertimpa cat ada kemungkinan merupakan produk bekas. Maka usahakan mencari yang kode uniknya masih mulus dan tidak terkena cat sama sekali.

  • Pastikan batang shock masih mulus,

Produk baru dengan produk bekas memang akan tampak mencolok kalau diperhatikan dari dekat, termasuk untuk shock motor. Bagian batang adalah bagian yang paling mudah untuk dicek guna mengetahui apakah memang baru atau bekas. Batang ini mudah sekali terkena noda gores selama digunakan atau dipasang pada motor yang aktif dipakai. Kalau menemukan shock yang batangnya sudah banyak goresan baiknya beralih ke pilihan lain yang lebih mulus, maka dijamin benar-benar baru.

  • Mengecek bagian lubang baut,

Lubang baut juga menjadi salah satu bagian yang perlu dicek untuk mengetahui apakah shock yang dipilih memang masih baru atau sudah bekas, namun tampilannya masih baru. Nah, lubang baut ini terdapat di bagian ujung atas dan bawah shock dan tentunya untuk shock baru dalam kondisi mulus sekaligus kinclong. Kalau sudah menemukan noda karat sekaligus noda cat maka ada kemungkinan baru saja memegang shock bekas yang sudah dicat ulang. Hindari shockbreaker seperti ini karena dijamin kualitasnya di bawah standar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *