Agar Mesin Motor Prima, Perhatikan Kondisi Aki Jangan Sampai Kering

Motor bisa jalan karena adanya proses mesin dan komponen motor lainnya yang akan menghasilkan tenaga sebagai penggerak utama mesin motor. Salah satu komponen yang berpengaruh pada kerja mesin adalah ACCU atau lebih dikenal dengan sebutan Aki.

Ada dua jenis aki sebagai penyuplai listrik yaitu aki kering dan basah. Kedua jenis aki tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda. Dalam artikel ini kita akan membahas aki kering, dengan harapan dapat membantu pembaca dalam hal menjaga dan melakukan perawatan aki kering.

Aki kering banyak dipilih hampir oleh semua pabrik kendaraan hal ini karena teknologinya yang semakin canggih, seperti: fuel injection yang membutuhkan aliran listrik yang stabil, kuat dan praktis. Selain itu tingkat keawetannya lebih tahan lama. Dari segi perawatan, jenis aki kering lebih praktis dibandingkan dengan aki basah. Karena pengguna tidak selalu harus cek dan periksa ukuran airnya.

Walaupun demikian tetap dibutuhkan cara perawatanaki yang benar agar mesin motor tetap terjaga kondisinya dan tahan lebih lama. Sekarang, simak tips merawat aki kering motor yang bisa Anda coba.

  • Pertama-tama gunakan kendaraan sesering mungkin, agar sistem pengisian listrik tetap terjadi sehingga akan menghasilkan suplay listrik yang stabil. Apabila motor tidak banyak digunakan maka panaskan mesin minimal 2 – 5 menit perhari.
  • Tetap gunakan elektrik starter setiap hari, kecuali jika memanaskan mesinnya pada waktu pagi hari direkomendasikan menggunakan kick starter agar oli terpompa lebih cepat sehingga seluruh komponen mesin terlumasi.
  • Jika pada waktu distarter mesin tidka hidup jangan tekan terus menerus. Sebaiknya kasih jeda 5 detik baru dicoba kembali, agar daya aki kembali stabil.
  • Hindari lubang atau jalan masuk yang menyebabkan goncangan. Sebab hal tersebut bisa merusak sel-sel yang berada di dalam aki.
  • Selalu cek kabel terminal aki dan usahakan tetap tertutup rapat dan bersih. Jangan sampai kondisinya terlalu lembab karena bisa menyebabkan listrik konslet.
  • Pastikan komponen kiprok berfungsi dengan baik karena komponen ini fungsinya untuk mensuplay listrik ke seluruh bagian kendaraan.
  • Apabila daya listrik sudah lemah lakukan pengisian ulang atau charging khusus. Alat khusus untuk mengisi ulang aki memiliki daya yang kecil dan stabil yaitu sebesar 0,5 ampere. Dibutuhkan waktu sekitar 5 – 8 jam untuk membuat daya listrik aki kembali penuh (tergantung besarnya daya aki).

Demikian tips merawat aki kering motor yang bisa Anda coba lakukan. Dengan perawatan yang benar bisa membuat mesin motor lebih awet dan tetap terjaga kondisinya. Jika Anda kurang mengerti cara-cara yang sudah kami informasikan, caranya bisa mengajak kawan yang lebih mengerti agar cara yang sudah kami sebutkan tidak terjadi kesalahan saat mencobanya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *