9 Aliran Modifikasi Vespa di Indonesia

Semakin banyaknya komunitas penggemar modifikasi motor Vespa semakin meramaikan dunia otomotif khususnya motor Vespa. Bagi para pecinta Vespa, tentu menganggap Vespa bukan sekedar kendaraan melainkan sebuah karya seni. Semakin banyaknya modifikasi Vespa memunculkan beragam jenis aliran modifikasi. Berikut ini adalah 9 aliran modifikasi motor Vespa yang terdapat di Indonesia.

Modifikasi Vespa Original

Aliran modifikasi original adalah mereka yang tetap mempertahankan kondisi keaslian motor Vespa dan membangun kembali motor dengan spare part dan asesoris yang juga original sesuai dengan serial number dan part number pada waktu Vespa yang akan dimodifikasi pertama kali dibuat. Penganut aliran ini membutuhkan biaya yang lumayan mahal demi mendapatkan spart part dan asesoris yang sudah sangat langka.

Modif Klasik

Seperti namanya, vespa aliran klasik menampilkan Vespa dengan gaya klasik. Biasanya mereka banyak memodif tampilan motor dengan mengaplikasikan asesoris Vespa yang mengacu pada zaman kejayaan motor ini yaitu pada tahun 1950 – 1980an.

Modif Racing

Aliran modifikasi racing muncul di Indonesia pada tahun 1990-an. Bagi yang senang balapan bisa modifikasi motor model aliran ini. Sekarang aliran racing mulai kembali digemari oleh penggemar motor Vespa.

Modif Custom

Aliran costum adalah aliran yang memodifikasi Vespa mereka secara keseluruhan, bahkan ada yang menghilangkan bentuk asli vespa namun tetap mempertahankan bentuk rangka aslinya. Biasanya aliran ini melakukan perombakan di bagian bodi, seperti pada bagian kaki dan mesin.

Modif Chooper

Penganut aliran modifikasi ini sudah menghilangkan bentuk asli Vespa dengan mengganti chassis yang sesuai dengan selera mereka. Bahkan bagian kaki, body dan bagian-bagian lainnya dirubah. Yang tersisa hanyalah mesin, bentuk modifikasi ini melahirkan beragam bentuk motor baru, ada yang bentuknya mirip motor Harley dsb.

Modif Army

Aliran modifikasi Army banyak diaplikasikan penggemar Vespa di Indonesia. Biasanya mereka mengubah tampilan motor dengan cat hijau dop atau coklat. Beberapa asesoris ditambahkan untuk menambah penampilan Vespa agar lebih kental nuansa militernya, seperti: kotak peluru, tempat minum tentara, selongsong peluru yang sudah tidak aktif bahkan ada yang menggunakan asesoris tabung meriam.

Baca Juga : http://motoraja.com/vespa-unik-yang-bisa-membuat-anda-tercengang/

Modif Gembel

Aliran Vespa yang satu ini bisa dibilang aliran yang exstreme. Mereka memodifikasi motornya dengan memanjangkan bodi hingga beberapa meter, bahkan ada juga yang menggunakan Vespa sebagai sandaran kumuh dengan warna yang kusam dan suaranya sangat bising. Ada juga yang memodifikasi dengan menempelkan asesoris sampah.

Modif Mods

Aliran ini paling banyak dianut oleh penggemar Vespa di seluruh dunia. Mereka mengaplikasikan asesoris yang berlebih misalnya: memasang spion yang jumlahnya banyak.

Modif Revival 80-S

Dan yang terakhir adalah modifikasi Vespa yang modifikasinya sejalan dengan trand lainnya seperti: trand musik dan fashion. Aliran ini muncul pada tahun 1980-an dimana pada waktu asesoris motor Vespa sedang booming.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *