Home Perawatan Motor 7 Tips Perawatan Motor Matic agar Lebih Awet

7 Tips Perawatan Motor Matic agar Lebih Awet

by Rhonda Olson
7 Tips Perawatan Motor Matic agar Lebih Awet

Saat ini, motor matic tengah banyak digandrungi masyarakat. Hal tersebut tidak lepas dari mudahnya penggunaan mesin matic yang lebih praktis. Di samping itu, dari perawatan sebenarnya untuk Motor matic tidak jauh berbeda dengan merawat motor bebek. Namun, Anda perlu memberi perawatan motor yang ekstra untuk tipe matic terbaru yang menggunakan teknologi injeksi dibandingkan yang menggunakan karburator. Terlebih untuk mengatasi kerusakan mesin motor matic biasanya membutuhkan waktu yang lama. Anda bisa meminimalisir kerusakan pada motor matic dengan memperhatikan bagaimana cara merawatnya. Oleh karena itu berikut disajikan tips dan cara merawat motor matic agar lebih awet.

7 Tips Perawatan Motor Matic agar Lebih Awet

Jangan Sampai Kehabisan Bensin

Perawatan motor matic juga bisa dilakukan dengan mengisi ulang bensin tidak sampai saat bahan bakar tersebut benar-benar habis. Mengisi ulang bahan bakar saat bensin telah habis sendiri sangat tidak dianjurkan karena tidak baik untuk mesin. Usahakan speedometer motor matic Anda tidak sampai menunjukan indikator E, dan untuk mengantisipasi hal tersebut usahakan motor berisi bahan bakar yang full.

Stabilkan Kecepatan Gas

Stabilkan kecepatan gas dengan tidak secara tiba-tiba menurunkankan gas saat kecepatan motor dalam kondisi cepat begitu pun sebaliknya. Sebab, tanpa disadari hal ini berpotensi merusak masa umur mesin. Selain merusak mesin, kecepatan yang tidak stabil juga sampai merusak van Belt motor.  Jika pada motor bebek atau motor sport van Belt seperti halnya rantai hanya saja terbuat dari karet. Untuk meminimalisir fant belt putus dijalan usahakan ganti 3 tahun sekali.

Memanaskan Motor Setiap Hari

Memanaskan motor adalah cara yang biasa dilakukan sebelum menggunakan motor pada pagi hari. hal ini bertujuan agar oli dalam mesin siap melumasi mesin sehingga pefoma mesin tersebut bisa lebih maksimal. Anda bisa memanaskan motor kurang lebih 5 hingga 10 menit. Sebaiknya gunakan kick stater saja mengingat penggunaan stater elektrik berpotensi mengurangi bateray dari motor tersebut. Jangan lupa untuk menarik ulur gas saat dirasa sudah cukup supaya oli panas dari mesin motor.

Rutin Ganti Oli

Baca Juga:  Tips Melakukan Perawatan Motor yang Benar dan Tepat

Perawatan motor satu ini sangatlah penting bahkan diwajibkan. Biasanya, jadwal pergantian oli motor dilakukan setiap 1000 KM. Dan, maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM untuk pergantian oli transmisi motor (oli gardan). Anda bisa melakukan perawatan rutin ini setiap 2 – 3 bulan sekali jika memang kesulitan menghitung dengan speedometer. Jangan lupa memilih oli yang lebih condong ke spesifikasi motor matic. Mengganti oli secara berkala pastinya akan menjaga performa mesin.

Perawatan AKI

Mengetahui kondisi aki pada motor matic memang cukup sulit. Pengguna motor matic pasti pernah mengalami Mati AKI. Matinya aki sendiri mengakibatkan motor kehilangan power. Selain itu juga mengurangi cahaya lampu. Yang jelas, dampaknya membuat Anda harus sedikit repot menghidupkan motor menggunakan kick starter. Maka, disarankan untuk mengganti AKI dalam 7-8 bulan setelah penggantian terakhir.

Periksa Vantbel Dan Roler

Jika Anda mengalami putus van belt di tengah jalan tentu akan sangat tidak mengasikan, sebab secara otomatis pastinya motor tidak bisa melaju. Pentingnya peran vant belt membuat Anda perlu melakukan penggantian berkala guna menghindari hal tersebut. Jangan lupa untuk menggunakan Suku cadang yang Original agar matic Anda terjamin. Selain itu juga selalu tanyakan kondisi vantbel dan roler saat menserviskan motor.

Servis Berkala

Umumnya, servis berkala motor matic meliputi penggantian oli, pembersihan karburator dan menset motor. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk berinisiatif menanyakan beberapa hal tambahan seperti apakah aki-nya masih layak dan perlukah mengganti Vantbel dan roler. Pastikan Anda memenuhi kebutuhan tersebut menggunakan suku cadang yang asli. Untuk menjaga performa motor matic Anda lakukan servis berkala kurang lebih 3 bulan sekali.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More