Home Tips dan Trik 7 Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Agar Tidak Tertipu

7 Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Agar Tidak Tertipu

by Rhonda Olson
7 Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Agar Tidak Tertipu

Memiliki sebuah kendaraan bermotor merupakan sebuah kebutuhan yang penting. Namun, tidak semua orang mampu membeli sebuah kendaraan, minimal kendaraan sepeda motor karena terkendala biaya, walaupun kini sudah banyak kredit motor yang dapat diangsur setiap bulannya. Alhasil, banyak orang yang kini lebih memiliki membeli sepeda motor bekas. Karena selain harganya lebih murah, proses pembeliannya pun juga jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan membeli motor di dealer resmi.

7 Tips Membeli Motor Bekas yang Aman Agar Tidak Tertipu

Membeli kendaraan bekas sebaiknya dilakukan dengan hati-hati agar Anda tidak tertipu. Oleh karena itu, Anda harus mengetahui beberapa tips membeli tips motor bekas berikut ini.

Tentukan Motor yang Mau Dibeli

Langkah pertama yang harus Anda lakukan saat ingin membeli motor bekas adalah menentukan jenis motor yang Anda inginkan terlebih dahulu. Apakah Anda sedang mencari motor trail, motor bebek, motor matic atau motor jenis lainnya. Namun, belakangan ini motor matic lah yang paling banyak dicari oleh masyarakat, karena motor jenis ini sangat mudah untuk dikendarai.

Pilihlah Penjual yang Benar

Jika Anda tidak jeli dan hati-hati, Anda akan bertemu dengan penjual nakal dalam bertransaksi penjualan motor bekas. Oleh karena itu, sangat penting mengenali penjual motor agar risiko terjadianya penipuan bisa diminimalisir. Sangat disarankan untuk memilih penjual motor yang sudah dikenal dalam penjualan tidak pernah mengecewakan pelanggannya. Atau mintalah penjual motor yang direkomendasikan oleh teman atau rekan dekat Anda.

Cek Kelengkapan Surat Motor

Setelah Anda memeriksa kondisi sepeda motor, jangan lupa juga untuk memeriksa kelengkapan dokumen motor bekas yang Anda kana beli, seperti STNK dan BPKB. Jangan pernah mencoba membeli motor yang kelengkapan dokumennya tidak ada. Pasalnya tanpa dokumen penting tersebut, Anda tidak akan tahu siapa pemilik motor sesungguhnya. Mengingat belakangan ini pencurian motor sedang marak terjadi.

Cek Harga Pasaran Motor

Tips membeli motor bekas selanjutnya adalah mengecek harga pasaran motor, kemudian membandingkannya. Pasalnya tidak semua harga motor sama, tergantung jenis dan kondisi motor yang akan Anda pilih. Biasanya sepeda motor yang masih bagus seperti baru akan di banderol dengan harga yang lebih mahal jika dibandingkan dengan harga motor yang kondisinya kurang bagus, baik dari segi bodi maupun mesin.

 

Baca Juga:  Keuntungan dan Kerugian Kredit Motor Bekas bagi Konsumen

Cek Keadaan Mesin Ketika Menyala

Kunci dari membeli motor bekas adalah teliti. Oleh karena itu Anda harus memeriksa keadaan motor secara detail dan seksama. Sebelum memutuskan untuk membeli motor yang Anda incar, alangkah baiknya jika Anda menyalakan mesinnya terlebih dahulu untuk mendengar apakah ada kerusakan pada mesin. Jika bunyi mesin motor masih cenderung halus, berarti kondisi mesin masih bagus dan layak untuk Anda bawa pulang.

Cek Nomor Rangka Mesin

Langkah ini paling sering dilewatkan oleh para calon pembeli, yakni mengecek nomor rangka mesinnya pada sepeda motor yang Anda inginkan. Jika Anda menemukan ketidakcocokan pada antara nomor rangka dengan suratnya maka patut dicurigai jika penjual motor tersebut merupakan penadah motor curian. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari motor lain saja yang lebih aman.

Test Drive Motor

Dan yang paling penting saat membeli motor bekas adalah lakukan test drive motor yang Anda incar. Sebaiknya lakukan test drive sebisa mungkin dalam kurun waktu yang lama sehingga Anda bisa merasakan kondisi motornya masih layak atau tidak saat dikendarai.

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More