Home Perawatan Motor 5 Tips Perawatan Motor Bagian Rantai agar Lebih Awet

5 Tips Perawatan Motor Bagian Rantai agar Lebih Awet

by Rhonda Olson
5 Tips Perawatan Motor Bagian Rantai agar Lebih Awet

Rantai merupakan salah satu bagian kendaraan bermotor yang memiliki peran penting. Pentingnya peran rantai membuat bagian tersebut juga perlu mendapatkan perhatian. Terlebih bila diabaikan rantai sangat rentan bermasalah seperti mudah putus dan sebagainya. Kurangnya perawatan bisa memperpendek keawetan rantai seperti sering terkena air hujan membuatnya mudah berkarat atau dan membiarkan rantai kering karena tidak disemprot dengan pelumas juga akan membuatnya cepat rusak. Hal-hal seperti inilah yang sering dilalaikan pemilik kendaraan bermotor. Bagi Anda yang ingin agar rantai motornya lebih awet simak tips perawatan motor bagian rantai berikut.

5 Tips Perawatan Motor Bagian Rantai agar Lebih Awet

Rutin mengecek rantai

Perawatan motor bagian rantai yang cukup mudah dilakukan ialah mengecek kondisi rantai secara berkala. Hal ini bertujuan untuk mengetahui keadaan rantai apakah masih kencang atau sudah kendor. Meskipun mudah, banyak yang melalaikan hal ini dikarenakan rasa malas atau terburu-buru. Namun tidak ada salahnya untuk melakukannya mulai saat ini supaya tidak terjadi sesuatu yang tidak di inginkan di kemudian hari.

Gunakan Pelumas Rantai

Anda juga perlu melumasi rantai motor dengan oli khusus ataupun pelumas cair yang dikhususkan untuk rantai. Cara yang satu ini memang sangat efektif sebab tidak memakan waktu yang lama, terlebih jika Anda memilih teknik disemprotkan untuk melumasinya. Tak perlu khawatir karena saat ini Pelumas motor sudah bisa dengan mudah Anda temukan di toko-toko aksesoris ataupun bengkel di sekitar tempat tinggal terdekat.

Gunakanlah Rantai dan Gear Aslinya

Tips ini cukup mudah dipraktekkan yakni Anda hanya perlu mengganti rantai dan gear dengan yang aslinya. Sebab, baiknya kualitas suku cadang asli tentu sudah tidak diragukan lagi. Pastinya suku cadang original juga mempunyai ketahanan yang lebih awet dikerenakan berasal dari material yang berkualitas. Untuk melakukanya juga tidak membutuhkan waktu yang lama dan hanya memakan waktu beberapa menit saja.

Potonglah Rantai Satu Kali Saja

Baca Juga:  Modifikasi Motor Chopper Ala Presiden Jokowi

Mungkin tidak semua orang bisa melakukan tips yang satu ini, dimana cukup satu kali saja memotong rantainya. Cara ini memang memerlukan beberapa bantuan alat khusus untuk memotong rantai sehingga wajar saja jika tidak semua orang bisa melakukannya. Dan membawa motor ke bengkel terdekat adalah satu-satunya alternatif yang bisa dilakukan. Namun, jika Anda memiliki peralatan yang memadai dan waktu yang cukup luang tentu saja bisa melakukannya sendiri. Ingat, yang harus Anda ketahui yakni potong rantai motor satu kali saja.

Bersihkan Rantai Secara Berkala

Membersihkan rantai secara berkala memang sudah seharusnya dilakukan. Selain mengganggu tampilan motor dan membuatnya tidak enak dipandang, rantai motor yang kotor juga mengakibatkan bagian tersebut cepat rusak. Mungkin perawatan motor bagian rantai satu ini sudah sering dilakukan terlebih untuk orang-orang yang mencintai kebersihan dan rajin membawa motornya ke tempat pencucian.

 

Artikel Lainnya

3 comments

https://sites.google.com/ July 15, 2021 - 6:23 pm

Hey there! I just wanted to ask if you ever have any problems with
hackers? My last blog (wordpress) was hacked and I ended up losing several weeks of hard work
due to no back up. Do you have any solutions to prevent hackers?

Reply
binary options no deposit bonus november 2020 shield July 15, 2021 - 8:45 pm

This post is invaluable. When can I find out more?

Reply
binary options pro signals testament July 16, 2021 - 1:39 pm

Simply desire to say your article is as surprising. The clearness in your
submit is simply nice and that i can think you are knowledgeable on this subject.
Well with your permission allow me to clutch your RSS feed to keep up to date with imminent post.
Thank you 1,000,000 and please carry on the enjoyable work.

Reply

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More