5 Jenis Stang Motor yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda

5 Jenis Stang Motor yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Untuk bisa mengemudikan motor maka Anda butuh alat kemudi yang disebut dengan stang. Ada beragam jenis stang motor yang ada di pasaran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan ataupun jenis motor yang Anda miliki. Pertama adalah cruiser handlebar yang kerap dipergunakan untuk kegiatan touring. Jenis stang ini memiliki bentuk yang lebih lebar jika dibandingkan dengan jenis bentuk stang pada umumnya. Jenis stang ini memungkinkan Anda untuk bisa memegang stang dengan santai dan Anda tetap di posisi duduk yang nyaman walaupun Anda sedang menempuh perjalanan yang jauh. Stang ini tidak hanya untuk motor touring namun juga bisa dipergunakan di skutik.

 5 Jenis Stang Motor yang Bisa Dipilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda

Kedua adalah motocross bar. Jenis stang ini mempunyai sudut yang panjang serta lebar sehingga membuat pengendara dapat meletakkan tangan di depan dada. Jenis stang yang disebut juga dengan stang baplang ini cocok dipergunakan untuk kendaraan yang kerap berada di medan non aspal misalnya medan offroad. Jenis stang ini tidak cocok dipergunakan di motor yang kerap dipergunakan untuk melewati jalanan yang sempit ataupun menerobos kemacetan. Stang baplang ini memiliki penguat di bagian tengah sehingga cocok untuk motor trail, balap dirt bike ataupun supermoto.

Ketiga adalah setang jepit. Jenis stang motor ini dikenal juga dengan nama stang model clop on. Alat untuk mengemudikan motor ini banyak diaplikasikan di kendaraan sport. Stang yang popular di kalangan anak muda ini membuat pengendara motor memiliki posisi yang lebih menunduk atau under yoke jika dibandingkan dengan jenis stang yang lainnya. dengan tampilan serta gaya yang lebih menarik ditambah stang ini mampu memberikan sensasi bagi pengendaranya seperti membelah angin, menyebabkan stang kendaraan roda dua ini cocok diaplikasikan bagi Anda yang ingin menjaga aerodinamika motor mencapai titik maksimal serta lebih maksimal jika digunakan di kecepatan yang cukup tinggi.

Baca Juga:PERAWATAN TERHADAP STANG MOTOR AGAR TIDAK BERAT KETIKA DIGUNAKAN

Keempat adalah ape handlbar. Jenis stang ini memiliki bentuk yang paling unik jika dibandingkan dengan jenis stang pada umumnya. Hal ini disebabkan karena stang ini memiliki letak yang cukup tinggi sehingga menyebabkan tangan Anda harus terangkat ke atas seperti posisi monyet yang sedang bergelantungan saat berkendara termasuk saat mengegas motor. Bentuk stang yang nyentrik ini menyebabkan pengendara susah untuk menggenggam tuas gas, namun bisa membuat posisi Anda saat duduk menjadi lebih nyaman sehingga cocok untuk menempuh perjalanan jarak jauh dan biasanya diaplikasikan pada moge.

Kelima adalah Z handlebar yang hampir sama seperti stang ape. Akan tetapi, stang motor ini mempunyai lekukan tajam di tengah stang yang membentuk huruf Z. Stang ini mempunyai posisi yang lebih rendah dibandingkan dengan stang ape sehingga cocok untuk pemotor yang beraliran chopper yang mengutamakan estetika namun tetap nyaman dan tidak mudah pegal saat menggunakannya.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *