5 Jenis Spart Part Motor Yang Sering Rusak Dan Cara Mengatasinya

Bagi Anda pemilik kendaraan bermotor tentu saja selain menggunakannya juga harus mengetahui apa saja bagian spare part motor. Hal tersebut penting karena berhubungan dengan cara perawatan motor yang benar. Apalagi pada bagian onderdir yang sering mengalami kerusakan.

Ada beberapa bagian spare part motor yang sering mengalami kerusakan dan harus diganti dengan yang baru. Namun kenyataannya masih banyak pengendara motor yang menyepelekan hal itu. Karena sekarang sudah banyak bengkel-bengkel yang menyediakan onderdil-onderdil yang mudah rusak tersebut dengan harga yang murah, namun belum tentu dari segi kualitasnya terjamin.

Berikut ini kami akan berbagi informasi mengenai spart part yang sering mengalami kerusakan dah bagaimana cara mengatasinya.

  • Busi

Busi merupakan salah komponen yang umurnya pendek, mudah rusak apalagi jika terkena air atau cairan lainnya. Jika sudah basah busi tidak lagi mampu memercikan bunga api. Salah satu cara untuk mencegah busi cepat rusak adalah gunakan busi yang sesuai dengan kondisi motor. Selain itu jangan memaksakan melaju saat ada genangan air. Apabila terpaksa harus melaju usahakan pelan-pelan.

  • Kampas Rem

Setiap mengendarai motor pasti pengendara akan mengerem. Karena sering digunakan, bagian kampas rem baik pada cakram maupun trombol umurnya relatif pendek. Agar lebih awet, pastikan rem tidak terlalu kencang dan posisi velg jangan sampai tidak rata.

  • Bearing Roda Atau Laher

Bahan laher terbuat dari besi tebal namun jangan dikira spart part ini bisa bertahan lama. Pengaruh medah jalanan seringkali yang menyebabkan hancurnya bagian bola-bola penahan bearing. Jika sudah aus atau hancur bisa membuat velg goyang. Oleh sebab itu gunakan laher atau bearing yang bahannya berkualitas. Walaupun agak mahal yang penting memiliki kekuatan yang sepadan.

  • Bearing Komstir

Sama seperti laher, komponen komstir ini juga mudah hancur jika Anda sering menerabas lubang jalan. Harga spare part ini lumayan maha, jadi sebaiknya hindari jalanan berlubang dan melajulah dengan pelan. Jika budget Anda tidak mencukupi, solusinya bisa gunakan komstir jenis bamboo.

  • Lampu Motor

Masalah yang sering terjadi pada lampu motor adalah sering putus, baik di lampu utama, sein, rem maupun lampu speedometer. Sebelum menjust kerusakan sebaiknya cek bagian kelistrikan motor, jika masih bagus berarti lampunya yang memang bermasalah. Agar lebih tahan lama, Anda bisa ganti lampu bohlam standar dengan jenis LED karena selain watt-nya lebih kecil, usianya akan lebih panjang.

Selain kelima spare part tersebut masih banyak jenis spart part motor lainnya yang mudah mengalami kerusakan, seperti: aki motor, seal karet, kabel kopling, rantai dan gearsel, ban dan oli mesin. Dengan mengetahui komponen motor yang mudah rusak, Anda bisa lebih berhati-hati saat membawa motor dan mengetahui cara perawatannya dengan benar.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *