5 Jenis Perlengkapan Motor Yang Wajib Dimiliki

Berkendaraan itu bukan hanya tentang perpindahan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Ada hal yang lainnya yang harus menjadi bahan pertimbangan. Faktor safety  dan kenyamanan misalnya. Untuk mendapatkan 2 hal tersebut memang tidak cukup didapatkan dari motornya saja. Diperlukan perlengkapan motor sebagai penunjangnya. Berikut 5 jenis  perlengkapan motor yang wajib dimiliki.

  • Helm

Untuk helm, anda tidak boleh sembarangan. Pertaruhannya adalah kepala anda sendiri. Untuk jenis mungkin terserah selera anda. Tapi harus yang sesuai dengan standar keselamatan yang sudah ditentukan. Meskipun memakai helm, jika bukan helm yang sesuai standar keselamatan, akan berakibat fatal bila terjadi kecelakaan. Jadi ada baiknya minimalkan resiko saja dengan memakai perlengkapan motor yang satu ini.

  • Jaket

Tidak seperti naik mobil, mengendarai motor itu langsung bersentuhan dan berhadapan dengan alam atau cuaca. Jika sedang panas, teriknya matahari langsung ke tubuh kita tanpa terhalangi oleh bodi mobil jika naik mobil. Jika sedang hujan pun sama saja. Belum lagi angin yang langsung menerpa tubuh kita.Untuk melindunginya, ada baiknya anda menggunakan jaket  ketika mengendarai motor anda. Masalah model atau bahan mungkin terserah selera, tapi yang harus digaris bawahi adalah jangan terlampau tipis.

  • Sarung Tangan

Fungsi perlengkapan motor yang satu ini juga fungsinya sama yaitu melindungi dan memberikan efek nyaman bagi pemakainya. Contoh kecil, anda tidak ingin bukan kulit tangan anda belang akibat anda memakai jaket tapi tidak memakai sarung tangan. Atau misalkan anda jatuh ketika mengendarai motor, dan anda terpaksa ‘mengepel ‘  aspal yang kasar, sedang tangan anda tanpa pelindung sama sekali. Jadi ada baiknya memang selalu lindungi tangan anda ketika mengendarai motor anda.

  • Jas Hujan

Basah kuyup karena kehujanan tentu saja bukan sesuatu hal yang menyenangkan.  Tapi hal itu bukan hal yang mustahil terjadi. Meskipun anda bisa berhenti dulu untuk berteduh. Namun bisa jadi suatu waktu anda terpaksa tidak bisa berhenti karena suatu hal. Diburu waktu harus sampai ke suatu tempat misalnya. Nah, untuk menghindari hal tersebut ,ada baiknya jas hujan selalu siap tersedia.

  • Jas hujan Sepatu

Jas hujan ada tapi anda tetap tidak bisa melanjutkan perjalanan karena anda khawatir sepatu anda basah. Mungkin bisa saja anda membuka sepatu memasukannya ke bagasi motor bila muat dan anda tanpa alas kaki melanjutkan perjalanan. Boleh enggak? Boleh saja. Tapi anda mengorbankan keselamatan kaki anda demi sepatu anda. Tentu saja tidak bijak. Jas hujan sepatu menjadi jawabannya.Anda tetap bisa melanjutkan perjalanan anda dengan memakai sepatu tanpa takut basah.

Itulah perlengkapan motor yang seharusnya anda miliki.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *