5 Jenis Aliran Modifikasi Motor Custom

Melakukan modifikasi atau perubahan pada motor tidak bisa dilakukan sembarangan, sebaiknya pilih jenis aliran motor custom agar hasilnya maksmial. Umumnya motor di Indonesia yang paling banyak dimodifikasi adalah jenis racing look, street fighter, full fairing dan masing banyak jenis modifikasi motor lainnya.

Pengertian Modifikasi

Yang dimaksud dengan modifikasi adalah merubah tampilan sepeda motor menjadi lebih terlihat sporty, agresif, terlihat berbeda dengan tampilan sebelumnya dan berbeda dengan motor lainnya.

Bagian yang diganti bisa keseluruhan part, ada juga yang hanya diperindah. Misalnya menyematkana asesoris motor. Namun ada juga modifikasi motor untuk meningkatkan performanya.

Pengertian Custom

Sedangkan istilah motor custom digunakan untuk merubah / memodifikasi motor secara ekstrim pada komponen motor. Custom biasanya mengubah secara total bentuk motor. Hal tersebut membuat para pecinta otomotif khususnya motor saling berlomba menciptakan tampilan baru pada motornya.

Aliran Modifikasi Motor Custom

Jika Anda berniat mencustom motor milik Anda sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macam trand aliran motor custom berikut ini:

  • Café Racer

Aliran custom café racer adalah modifikasi motor yang mengambil atau mengadopsi motor balapan jaman dulu. Aliran ini dibedakan menjadi dua, yaitu: modifiasi tanpa fairing dan yang menggunakan fairing, full atau half.

Ciri khas aliran ini adalah menggunakan stang jepit yang membuat posisi badan lebih menunduk saat menggunakan motor (seperti posisi menggunakan motor balap).

Ciri khas lainnya yaitu pada bagian jok yang rendah dengan bagian belakang sedikit melengkung ke belakang dan ke atas seperti bentuk tawon. Selain itu bagian tangki motor dibuat memanjang dan ramping sehingga lebih nyaman saat dijepit paha.

Baca Juga: POIN PENTING MODIF MOTOR HONDA BEAT

  • Bobber

Aliran modifikasi motor selanjutnya adalah boober. Ciri khas customnya terletak pada roda ban yang cenderung besar di bagian depan dan bagian belakangnya. Aliran ini lebih dulu lahir dibandingkan aliran chooper. Walaupun keduanya sama prinsipnya yaitu memotong beberapa bagaian. Namun pada bobber sasis tetap standar.

  • Chopper

Aliran modifikasi custom yang satu ini memiliki ciri yang menonjol pada bagian fork atau garpu yang ukurannya sangat panjang sehingga memerlukan rangka khusus yang didesain sesuai dengan panjang dan sudut kemiringannya.

Ban depan diameternya cenderung lebih besar dibandingkan ban belakang. Posisi stangnya lebih tinggi dan joknya lebih rendah.

  • Hot Rod

Aliran hot rod adalah aliran yang biasa diguanakn oleh muscle car mania. Para komunitas biker tampilan car sangar biasanya menjadikan aliran hot rod tanpa ada ciri khasnya.

  • Jap’s Style

Aliran yang satu ini bisa terliat dari bagian tangki bensinnya yang dibuat lebih kecil dan lebih simple. Bagian jok dibuat tipis. Lampu bagian belakang dan depannya juga kecil menggunakan ban yang besar dan lebar.

Selain 5 aliran modifikasi motor custom tersebut masih ada beberapa aliran lainnya, seperti: Bratstyle, Scrambler, Flat Tracker dan Street Tracker.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *