Home Tips dan Trik 5 Fungsi Oli Motor

5 Fungsi Oli Motor

by Rhonda Olson
5 Fungsi Oli Motor

Oli motor merupakan salah satu komponen motor yang berbentuk cairan. Oli memang terkadang disepelekan oleh sebagian orang. Dan sebagian orang menganggap bahwa oli bukanlah hal yang harus diperhatikan. Asal motor masih bisa jalan, yaudah dipakai aja tanpa memperdulikan bagaimana kondisi mesin.

5 Fungsi Oli Motor

Perlu Anda ketahui loh, padahal oli motor sendiri memiliki banyak fungsi dan berperan penting dalam menjaga stabilitas mesin Anda. Awet dan tidaknya komponen-komponen pada mesin Anda juga bergantung dengan bagaimana Anda memberikan oli untuk mesin Anda. Nggak percaya jika oli memiliki banyak fungsi? Baiklah berikut beberapa fungsi oli mesin yang perlu Anda ketahui:

  • Untuk mengurangi gesekan antar komponen mesin

Jika kita tau bagaimana proses mesin bekerja sehingga menghasilkan tenaga untuk menjalankan motor Anda, maka kita tidak tega jika mengabaikan oli begitu saja. Pasalnya untuk menghasilkan tenaga motor, komponen-komponen antar mesin bekerja secara bergesekan antara komponen satu dengan yang lainnya. Nah gesekan antar benda keras di dalam mesin, tentu akan mengakibatkan komponen mesin pun akan cepat aus dan hal ini tentu berakibat kurang baik bagi motor Anda. Dan untuk mengurangi gesekan-gesekan tersebut maka diperlukanlah oli, untuk melumasi dan mempermudah proses gesekan antar komponen mesin.

  • Sebagai pendingin mesin

Proses gesekan antar komponen mesin dan pembakaran dalam silinder mengakibatkan suhu dalam mesin meningkat. Sehingga tak heran jika mesin terasa panas setelah Anda nyalakan. Nah, disinilah fungsi oli sebagai pendingin agar mesin Anda tidak panas berkepanjangan.

  • Sebagai peredam suara mesin

Getaran yang dihasilkan oleh benturan antar piston pastinya akan menghasilkan suara yang cukup bising jika tidak dilapisi oli. Nah disinilah fungsi dari oli yaitu sebagai pelumas yang melapisi antar komponen-komponen yang berbenturan. Dan meredam benturan-benturan yang terjadi sehingga menjadikan suara mesin pun lebih halus dan tida bising.

  • Untuk melindungi komponen mesin agar tidak berkarat

Oli sendiri akan melapisi seluruh komponen yang ada di dalam mesin, dengan demikian maka komponen-komponen mesin Anda pun akan terhindar dari ancaman karat.

  • Sebagai pembersih komponen-komponen mesin

Proses gesekan yang terjadi antar komponen mesin tentunya menghasilkan kotoran. Dan fungsi oli sendiri disini yaitu untuk membawa kotoran hasil gesekan antar komponen tersebut sehingga komponen-komponen yang bergesekan tetap bersih.

  • Sebagai perapat

Dalam hal ini, ternyata oli juga berfungsi sebagai perapat pada celah antar piston dengan silinder. Dimana oli juga berfungsi untuk mengurangi kebocoran kompresi ataupun tekanan hasil pembakaran dengan membuat oli mengisi celah antara silinder dengan piston.

Nah demikianlah sob fungsi oli motor yang sebenarnya, bagaimana sob setelah tau fungsi penting dari oli, apakah sobat masih mengabaikannya? Pastikan lakukan perawatan mesin dengan mengganti oli secara rutin.

Baca Juga:  Daftar Harga Motor Bekas Honda Supra, Tiger dan Vario

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More