4 Trik Sederhana Berikut Membantu Merawat Mesin Motor Kesayangan Anda

Memperhatikan dengan seksama mengenai kondisi mesin motor tentu menjadi kewajiban bagi pengguna kendaraan roda dua ini. Maka berikan service secara rutin dan baiknya menuju ke bengkel resmi supaya ditangani oleh mekanik yang memang paham ilmu dasar mesin pada motor kesayangan Anda tersebut. Membeli motor memang baiknya melirik siapa produsennya, sebab ketika merek motor tersebut tidak begitu familiar dijamin kelimpungan mencari bengkel resmi. Padahal idealnya motor perlu diberi service berkala paling tidak sekali per 3-4 bulan.

Trik Sederhana Merawat Mesin Pada Motor

Selain service rutin rupanya untuk menjaga mesin di motor andalan Anda juga perlu diberi perawatan berkala yang dilakukan sendiri. Tujuannya tentu saja untuk memastikan motor tersebut kondisi mesinnya tetap bagus dan stabil, dan beberapa kiat perawatan berikut tentu layak untuk dipraktekkan:

  • Teliti dalam memilih kualitas bahan bakar,

Mesin pada motor akan cepat panas dan perlu bekerja lebih keras apabila si pemilik sangat asal dalam memilih bahan bakar. Jenis bahan bakar untuk motor ada beberapa dan pilih yang kualitasnya paling baik untuk menjaga mesin tetap bersih sekaligus bebas panas berlebih.

  • Gunakan motor sesuai standar,

Penggunaan motor yang tidak sesuai aturan juga berpengaruh pada kualitas serta umur pada mesin motor yang digunakan. Maka penting sekali untuk sangat memperhatikan durasi penggunaan sekaligus rajin memanaskan motor sebelum digunakan. Pernahkah Anda lupa memanaskan motor? Padahal proses ini penting agar mesin tidak kaget terlebih untuk motor jenis matic maka jangan sampai terlupa, apalagi durasi memanaskan mesin cukup 5-10 menit saja. Meluangkan waktu beberapa menit setiap hari menjamin mesin awet dan bebas resiko kantong boros.

  • Perhatikan kapasitas muatan motor,

Motor idealnya dipakai oleh pengendara dengan satu orang penumpang yang dibonceng, namun ideal pula menampung bawaan dengan berat maksimal di angka tertentu. Baiknya baca baik-baik buku panduan penggunaan motor dengan seksama terlebih di awal-awal pembelian untuk motor baru. Penambahan beban perlu dilakukan bertahap dengan maksud memastikan mesin pada motor sudah stabil dulu sebelum diajak bekerja di kecepatan maksimal. Anda yang ingin motor awet maka pastikan kapasitas muatan atau bebannya diperhatikan dengan seksama.

  • Selalu pergunakan sparepart asli,

Mesin pada motor mampu bekerja maksimal apabila komponen yang menyusunnya juga dalam kondisi yang optimal. Inilah alasan mengapa penggantian sparepart perlu dilakukan secara berkala dengan maksud memastikan motor mampu dioperasikan dengan normal. Sebab dengan dukungan sparepart bermutu terbaik maka mesin mampu bekerja dengan baik dan awet. Maka sangat penting memilih sparepart asli sebab diproduksi dengan standar yang sesuai tipe motor tersebut. Menjadikan mesin motor awet dan kuat butuh dukungan komponen asli, maka bijaklah dalam memilih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *