4 Pertimbangan Memilih Knalpot Motor Agar Tidak Keliru

Melakukan modifikasi terhadap sepeda motor dirasa oleh sebagian orang sebagai kebutuhan sehingga jauh hari sudah melakukan persiapan. Modifikasi merupakan langkah besar untuk merombak suatu motor baik hanya bagian body luar maupun sampai ke mesin untuk memberi wajah dan performa baru. Penambahan sekian aksesoris maupun memindahkan onderdil asli dengan yang lebih menarik dan baru pun tak pelak dilakukan. Tatkala memutuskan melakukan modifikasi maka bagian knalpot pun tidak luput dari perhatian. Terlebih untuk motor racing maka dijamin perlu mencari knalpot motor yang benar-benar cocok.

Memilih Knalpot Racing yang Baik

Knalpot memiliki fungsi penting dalam proses pembuangan zat sampah hasil pembakaran mesin motor, maka kurang cocok jika asal dalam mencari pengganti knalpot aslinya. Tentukan pilihan dengan beberapa pertimbangan berikut agar tidak berdampak fatal:

  • Leher knalpot yang sesuai,

Bagian leher knalpot menjadi bagian penting untuk diperhatikan sebelum dijadikan pilihan karena menentukan kesesuaian dengan sistem pembakaran mesin motor. Biasanya perlu disesuaikan dengan diameter piston di motor tersebut supaya tidak perlu merombak terlalu banyak. Selain itu panjang pendek dan desain leher knalpot baiknya dipastikan cocok ke motor Anda.

  • Mengecek desain knalpot agar tepat,

Secara keseluruhan knalpot motor perlu dipilih setelah melihat desain utuhnya, jangan asal memilih yang terlihat keren saja. Sesuaikan ukuran, dimensi, diameter lubang knalpot dan leher knalpot, dan lain sebagainya dengan cermat. Pastikan pilihan Anda aman dipasang pada motor kesayangan sebab jika salah pilih bisa jadi menghambat kinerja motor. Awalnya memang tidak ada masalah namun perlahan kerusakan terjadi di bagian dalam, dan jika tidak disadari maka motor akan mati secara mendadak.

  • Bahan knalpot yang diketahui paling bagus,

Dalam memilih knalpot rupanya memperhatikan bahan yang dipakai memberikan pengaruh yang sangat besar. Suatu bahan bisa mempengaruhi proses pembuangan limbah pembakaran motor, maka bisa mempengaruhi umur motor itu sendiri. Khusus untuk tindakan modifikasi dianjurkan memilih knalpot berbahan titanium asli dan berbeda dengan logam maupun stainless. Titanium memiliki kekuatan baik namun tetap ringan dan mendukung proses pembakaran, sehingga dijamin awet sekaligus melindungi mesin motor

  • Melakukan penggantian secara menyeluruh,

Mengganti knalpot baiknya dilakukan oleh ahlinya supaya bisa menentukan bagian mana saja yang perlu ikut dimodifikasi. Jika menjumpai motor usai dimodifikasi menghasilkan asap knalpot yang banyak dan pekat atau suara yang dihasilkan sangat berisik. Bisa jadi ada beberapa komponen yang baiknya ikut diganti sengaja tidak diganti. Efeknya tentu saja kurang menguntungkan, maka usahakan untuk bertanya detail pada mekanik yang menangani motor Anda. Tujuannya tentu saja menghasilkan suara bagus dengan knalpot motor baru dan menjamin mesin motor tidak mengalami kerusakan parah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *