4 Jenis Motor Antik yang Paling Langka

Meski sekarang ini banyak motor keluaran baru yang menawarkan performa dan model yang menarik, namun bagi penggemar motor antik piliahnya tetap ke motor jadul yang sudah lama. Bahkan tidak sedikit penggemar motor antik yang rela membayar kocek puluhan hingga ratusan juta untuk mendapatkan motor yang umumnya sudah tidak lagi diproduksi

Seperti sebutannya “antik” maka semakin tua semakin menarik. Semakin langka barangnya maka semakin mahal pula harganya. Berikut ini adalah 5 jenis motor antik yang paling mahal di dunia.

Harley Davidson Strap Tank 1907

Motor jenis ini adalah nenek moyangnya Harley Davidson yang kita kenal sekarang. Berbeda dengan model Harley sekarang yang bodinya besar dan gagah, motor Harley jenis Stap Tank terlihat lebih mirip sepedah tua, kurus dengan roda kecil seperti roda sepedah. Harga motor yang diproduksi tahun 1907 ini luar biasa mahal, dijual dengan harga 895 ribu euro atau jika dirupiahkan harganya sekitat 12 miliar rupiah.

Winchester 1910

Pada tahun 2015 dilelang dua sepeda motor yang diproduksi pada tahun 1910 yaitu Winchester. Dalam proses lelang sepedah motor tersebut laku terjual dengan harga yang fantastis seharga rumah mewah yaitu 1,35 juta atau sekitar 16,9 miliar rupiah.

Motor antik ini memiliki keistimewaan yaitu menggunakan mesin Marsh – Metz yang bisa menghasilkan tenaga max 6 horse power. Roda depan dan belakangnya menggunakan belt drive. Jika kehabisan bensin masih bisa dijalankan menggunakan pedal pada kaki seperti layaknya memboseh sepedah.

Brough Superior SS100

Motor klasik yang satu ini adalah jenis motor klasik yang paling fenomenal di Inggris pada tahun 1924 – 1940. Keunikan dari motor ini adalah hanya diproduksi jika ada yang memesannya. Jadi tidak seperti motor lainnya yang diproduksi secara missal.

Saking istimewanya motor ini mendapatkan julukan oleh masyrakat Inggris sebagai kendaraan mewah Roll Royce. Walaupun termasuk barang antik, motor ini mampu berlari dengan kecepatan 160km/jam karena sudh dilengkapi kapasitas mesin 998cc.

Baca Juga: HARGA MOTOR DAN SPESIFIKASI YAMAHA YRZ R15

Norton

Motor Norton awal mulanya diproduksi untuk kebutuhan militer. Motor produksi Inggris ini memiliki performa yang cukup tangguh karena didesain untuk melintasi jalan yang medannya berat dan penuh dengan rintangan.

Walaupun awalnya diproduksi untuk kebutuhan tentara, lama kelamaan motor ini beralih fungsi menjadi motor balap. Motor yang menggunakan mesin 500 cc memberikan hasil yang memuaskan.

Di Indonesia motor model Norton ES2 500 cc dipasarkan pada tahun 1952. Pada saat itu motor antik Norton digunakan untuk kebutuhan pemerintah, oleh karenanya jenis motor ini termasuk motor antik. Selain tua untuk medapatkannya sangat sulit. Kalaupun ada, harganya bisa mencapai 85 juta rupiah atau lebih.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *