4 Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Merawat Motor Tua Anda

Motor tua memang antik, unik, dan menjadi pusat perhatian di jalan raya. Membuat sang pengendara akan percaya diri ketika mengendarai motor-motor klasik semisal motor Honda CB 100, Honda C70,  Honda S100, dengan menyebut beberapa contoh. Ketika di tengah arus modernisme, dan perkembangan pasar otomotif yang membanjiri Indonesia, dengan produk-produk terbarunya. Anda akan membuat satu perbedaan yang mencolok itu, ketika memiliki dan mempunyai motor yang sudah berumur puluhan tahun, yang mungkin punya kakek buyut Anda. Bukan tanpa alasan, pastinya anda memiliki sebuah motor klasik,  mungkin karena keunikannya atau sejarahnya. Tapi anda tidak boleh melupakan satu hal yang paling penting,yaitu 4 hal yang harus diperhatikan dalam merawar motor tua anda. Apa saja sih, yang Anda harus lakukan berikut penjelasannya semoga bisa menjadi referensi.

1.Rajin-rajinlah memanasi motor tua Anda, selama 20 menit setiap hari

Namanya aja motor jadul dan kolot, Anda harus mempunyai jadwal yang teratur untuk memanasi motor Anda, saat mau dikendarai atau saat tidak dikendarai sekalipun. Mesin motor yang sudah tidak diproduksi lagi biasanya mempunyai mesin yang sensitif. Jadi sering-seringlah, memanasinya. Maksimal 20 menit setiap hari.

2.Jangan mencuci motor dengan sabun colek atau deterjen pencuci baju.

Motor dengan body yang mengkilap, menjadi dambaan bagi sang pemiliknya. Tak terkecuali, dengan motor jenis klasik. Jangan sampai motor antik anda itu, rusak bodynya cuma gara-gara keteledoran anda saat mencuci dengan memakai bahan sabun pembersih pakaian. Ya, janganlah.

Baca Juga: MODIFIKASI VESPA UNIK TANPA MENGHILANGKAN CIRI KHASNYA

3.Rajin Mengganti Pelumas

Ya, semua motor di dunia wajib hukumnya mengganti pelumas. Saat anda sekarang membaca artikel ini dan memiliki motor antik jenis apapun, ceklah segera kapan terakhir Anda semua mengganti pelumas untuk motor Anda. Setiap barang apapun, kalau dijaga dengan kualitas yang baik, dan didukung oleh bahan-bahan penunjang kualitas itu. Barang itu dijamin, akan tahan awet dan tahan banting. Tentu saja motor Anda juga harus dijaga dengan pelumas-pelumas nomor wahid. Harga pelumas dibengkel-bengkel motor pun, tergolong cukup murah, dan terjangkau. Apalah artinya uang 50 ribu, setiap 3 bulan atau 2 bulan sekali, bagi motor antik Anda dan bagi kenyamanan Anda saat berkendara di jalan raya

4.Teliti bagian pengapian

Pengapian juga bagian sentral penting bagi sebuah kendaraan yang sudah berumur puluhan tahun. Jika anda belum paham mengenai masalah pengapian. Anda bisa cari tahu lewat teman yang sudah ahli, montir panggilan atau dibengkel-bengkel kesayangan Anda. Ceklah, sesekali waktu, jika motor tua anda sudah mulai ngadat-ngadat. Karena jika Anda teledor untuk tidak menjaga, atau sering-sering mengecek pengapian pada motor Anda. Akibatnya akan lebih fatal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *