4 Hal Penting Untuk Menjaga Performa Motor Agar Lebih Bertenaga

Memelihara mesin motor adalah kunci penting agar motor memiliki performa yang baik dalam jangka waktu lama. Namun banyak pemilik motor yang tidak mengetahui bagaimana caranya menjaga performa motor, akibatnya kerja motor menjadi kurang optimal. Berikut ini tips merawat mesin agar performa motor tetap maksimal, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini:

  • Oli Mesin

Bagian pertama yang harus dijaga agar performa mesin tetap bertenaga dan bandel adalah mengganti oli mesin dengan interval minimal 6 bulan sekali atau sebesar 3000 mil sekali. Fungsi oli mesin adalah sebagai pelumas agar mampu membantu mesin bergerak dan tidak bising. Selain itu dengan oli mesin menjadi lebih dingin dan menjadi segel untuk piston.

Apabila oli diganti secara teratur, maka fungsinya tetap terjaga dengan baik. Minyak oli pada setiap sela-sela mesin tidak boleh terlalu tebal, karena bisa menghambat gerakan dan putaran mesin. Secara bersamaan keadaan oli mesin juga tidak boleh terlalu sedikit atau tipis. Karena jika terlalu tipis bisa memisahkan bagian-bagian yang terdapat pada komponen mesin.

Selain itu memilih oli mesin harus tepat, jika Anda tidak mengerti bisa bertanya atau konsultasi kepada ahlinya agar mendapatkan oli mesin yang sesuai dengan jenis motor yang Anda miliki.

  • Bahan Bakar

Jenis bahan bakar yang digunakan pada motor sangat mempengaruhi keadaan mesin saat bekerja. Biasanya mesin yang performanya lemah harus diimbangi dengan menggunakan jenis bahan bakar yang berkualitas dan yang lebih tinggi dari biasanya.

Baca Juga: CARA MERAWAT PERFORMA MOTOR AGAR TETAP BAGUS UNTUK PEMULA

Namun, ingat dalam hal menggunakan bahan bakar sebaiknya gunakan yang sudah direkomendasikan oleh produsen motor. Karena performa motor yang tahan lama ditentukan juga oleh peningkatan oktan. Jadi Anda harus rela mengeluarkan kocek untuk masalah bahan bakar jika tidak ingin terus menerus mesin diperbaiki,

  • Cairan

Fluids atau carian motor harus berpedoman pada kebijakan produsen motor tersebut, apalagi jika motor milik Anda masih dalam masa masuk garansi. Apabila menggunakan cairan yang salah, misalnya cairan untuk mobil, maka garansinya bisa dibatalkan. Untuk menghindari kesalahan tersebut sebaiknya saat mengganti cairan di tempat Anda membeli motor atau di bengkel resmi.

  • Rantai

Tips menjaga kinerja motor berikutnya adalah dengan mengecek keadaan rantai. Lakukan pemeriksaan dengan mengecek rantai sebulan sebanyak dua kali atau sekitar 500 – 700 ml apabila Anda jarang berpergian jauh. Fungsi rantai itu sendiri adalah untuk mentransfer tenaga dari mesin ke bagian roda belakang motor. Agar rantai motor tidak mudah rusak, bersihkan rantsi secara teratur.

Dari tips menjaga performa motor tersebut kita bisa mengetahui bahwa dengan menjaga dan merawat komponen mesin bisa membuat kerja motor tetap maksimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *