3 Tips Perawatan Motor Baru Untuk Pemula

Jika Anda saat ini baru saja membeli motor baru. Tentu Anda harus mengetahui cara dan tips perawatan motor baru Anda agar tetap bisa maksimal. Karena kinerja motor baru itu tentu Akan menjadi lebih maksimal mesinnya jika Anda semenjak awal pembeliannya rajin merawatnya.

Jika Anda sedang mencari informasi dalam menangani perawatan motor baru Anda. kami telah merangkumnya untuk Anda di bawah ini sebagai berikut.

Pertama, jika Anda saat ini mempunyai motor baru. Sering-seringlah lah memanasi motor Anda setiap hari sebelum dikendarai. Karena mesin motor baru, butuh adaptasi dengan cara memanasinya setiap hari. Jangan pernah Anda mengendarai motor baru Anda, tanpa dipanasi terlebih dulu. Ini adalah standar wajib yang sepertinya Anda harus lakukan.

Kedua, untuk menyalakan motor baru Anda, awal-awal Anda harus menggunakan kick starter. Untuk menyalakan mesin motor Anda dengan asumsi mesin dalam keadaan mati. jangan langsung menyalakannya dengan tombol starter. Anda harus menghidupkannya untuk pertama kali dengan starter kaki. Maksimal sebanyak lima atau sepuluh kali. Karena dengan menggunakan starter kaki dalam keadaan mesin masih mati. Itu akan membuat oli mesin dapat terlebih dulu membasahi secara perlahan-perlahan seluruh komponen mesin motor Anda. agar mesin anda bisa beradaptasi dengan komponen-komponen lainnya pada motor baru Anda. sering-seringlah gunakan cara perawatan motor baru Anda dengan cara seperti itu. Hal tersebut bertujuan agar mesin motor anda selalu maksimal. Dan tidak terjadi kendala apapun. Lalu setelah distarter kaki, Anda bisa langsung memencet tombol starter motor baru Anda.   Setelah 2 menit kemudian Anda bisa menyalakan gas motor Anda. lalu memanasinya selama 10 menit. Lalu Anda bisa mengendarainya. Cara ini, sebenarnya cara orang bijak dalam menjaga motornya agar tetap tampil fit dan performa. Ingat motor baru Anda dibeli dengan harga yang mahal dan susah payah. Untuk itu Anda harus menjaganya dengan cara yang bijak dan serius. Jangan anggap enteng, kendala apapun pada motor Anda. cepat-cepatlah periksa ke bengke kesayangan Anda.

Ketiga, adalah dengan cara Service Rutin. Service rutin pada motor baru mutlak Anda lakukan dengan waktu menurut buku panduan, 3 bulan sekali. Ceklah motor Anda ke bengkel resmi merek motor Anda. karena dengan melakukan service rutin, kerusakan pada motor Anda bisa terdeteksi lebih awal. Jadi anda bisa meresponnya dengan cepat. Pengecekan pada service rutin ini biasanya meliputi service karburator. Tujuannya tidak lain agar motor baru Anda  komponen rongga rongga spuyer serta klep tetap dalam keadaan bersih dan terhindar dari segala macam kotoran ataupun debu- debu halus yang bisa menggangu aliran besin yang menuju ke pembakaran.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *