3 Perawatan Penting Motor Tua yang Sebaiknya Anda Perhatikan

Siapapun yang memiliki motor tua tentu merasa bahagia apabila kendaraan satu ini masih berjalan dengan baik. Mendapatkan motor berusia lanjut dengan performa yang terjaga sudah tentu bukan tanpa usaha, sebab Anda perlu merawat mesin di dalamnya. Motor yang dimiliki merupakan sebuah investasi untuk menunjang aktifitas terutama kegiatan bekerja di kantor, sehingga menjadi salah satu pendukung pencarian nafkah bagi keluarga. Minimnya tabungan membuat Anda hanya mampu membeli motor berusia tua, namun jangan bersedia asalkan dirawat maksimal performanya bisa diandalkan.

Strategi Merawat Motor Berusia Senja

Memastikan motor berusia lanjut yang Anda beli dan Anda miliki mampu beroperasi dengan normal tentu butuh perhatian lebih. Berikan beberapa strategi perawatan berikut supaya tidak lapuk dimakan usia:

  • Rutin menjaga kebersihan motor,

Motor dengan usia yang sudah lanjut umumnya mudah sekali diserang oleh karat terutama di bagian-bagian dengan material logam. Anda bisa memperkecil serangan karat ini asalkan menjaga kebersihan motor. Maka rajinlah mencuci motor jangan sampai ada tumpukan lumpur ataupun debu sebab bisa memperparah proses korosi. Kebersihan yang dijaga baik akan membantu memperoleh motor dengan kinerja tinggi.

Baca Juga: INILAH TRIK PINTAR MENGUBAH MOTOR TUAMU AGAR MELAJU KENCANG

  • Mengganti pelumas secara teratur,

Salah satu beban memiliki motor tua adalah mengeluarkan dana lebih untuk melakukan perawatan. Salah satu pengeluaran terbesar adalah untuk mengganti pelumas atau oli supaya mesin bekerja dengan baik dan maksimal. Jika motor baru aman diganti oli per tiga bulan maka untuk motor usia lanjut idealnya diganti per bulan. Namun jika masih memungkinkan dua bulan sekali tidak apa menunggu lebih lama, jika tidak maka per bulan wajib ganti oli supaya mencegah kerusakan lebih parah dengan biaya lebih tinggi.

  • Selalu mengutamakan sparepart original,

Demi efisiensi biaya biasanya orang yang memiliki motor berusia senja lebih memilih onderdil bajakan atau bekas. Pilihan ini memang hemat di awal namun boros di akhir karena masa pakai sparepart lebih pendek. Menjamin motor bekerja dengan normal pastikan selalu berani membayar lebih untuk membeli sparepart original. Umurnya lebih lama dan dipastikan tidak membuat motor mudah mengalami kerusakan beruntun, pada akhirnya biaya yang dikeluarkan bisa ditekan. Pertimbangkan opsional ini untuk merawat motor supaya awet meski sudah berumur.

Perawatan untuk motor bekas yang sudah menua memang butuh biaya ekstra sekaligus tenaga lebih supaya bisa berjalan dengan baik. Namun terbilang sepadan dengan harga sekaligus biaya pajak yang terbilang semakin ringan dari tahun ke tahun. Maka menjadikan motor berusia lanjut sebagai teman bekerja ataupun antar jemput anak ke sekolah adalah hal terbaik yang bisa diambil. Luangkan waktu untuk memberi perhatian lebih dan lebih rutin memberikan service, supaya motor tua tidak kalah performanya dengan motor keluaran terbaru.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *