3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara

3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara

Rantai motor merupakan  salah satu komponen yang sangat vital dan sangat penting peranannya dalam sepeda motor anda. Biasanya , semakin mantap settingan rantai untuk itu  akan semakin mantap juga akselerasi motor anda.

3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara

Apalagi apabila  anda menggunakan jenis rantai dengan kualitas yang prima, dan diaplikasikan dengan sempurna ke kendaraan kesayangan anda untuk itu  semua mata dapat saja tertuju pada motor kesayangan anda . Berikut ini akan kami bahas dan rangkum 3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara yang bisa anda simak dibawah ini :

  • Kondisi Medan Jalanan yang Anda Lalui

Penyebab rantai motor sering putus pada saat berkendara yang pertama sebab  factor medan jalan. Saat anda berkendara ke tujuan yang anda inginkan, sebaiknya perhatikan medan jalanan yang akan anda tempuh.  Apabila memang jalan yang akan anda tempuh bergelombang (tidak mulus), atau banyak lubang hal ini dapat menyebabkan rantai motor anda kendur dan kemudian mengakibatknnya putus.

Hal ini disebabkan oleh medan berat sehingga membuat lengan ayun sering bergerak yang mengakibatkan rantai pada motor anda tersentak – tersentak sebab  medan jalan yang tidak mulus dan bergelombang. Jadi apabila anda ingin melewati jalanan dengan medan seperti ini. Diharapkan berhati – hati supaya rantai motor anda tetap stabil.

  • Sering Gas Dengan Cara Mendadak

Penyebab rantai motor sering putus pada saat berkendara yang kedua yaitu penggunaan gas kasar. Menarik tuas gas motor anda secara mendadak bisa menjadi salah satu penyebab dari kendur serta putusnya rantai motor anda.  Apabila perilaku berkendara anda dengan cara seperti ini tidak dirubah total, untuk itu tidak ada artinya anda melakukan perawatan apapun terhadap rantai motor anda. Sebab apabila masih mengendarai dengan ugal – ugalan pastinya akan menyebabkan rantai motor anda kendur yang akhirnya jadi putus.

  • Genangan Air Hujan

Semprotan air genangan hujan yang bercamur lumpur menyebabkan lama kelamaan gemuk atau grease yang terdpat dalam rantai motor anda lama – kelamaan berkurang atau bahkan hilang sama sekali. Padahal seperti yang sudah kita ketahui bersama, grease dan gemuk tersebut selain untuk menjaga suhu rantai motor anda tetap dingin , tetapi berfungsi juga sebagai pelumas.

Tetapi sebab  kotoran yang lengket fungsinya menjadi tidak maksimal. Apabila keadaan ini terjadi pada motor anda, untuk itu  pada saat digunakan rantai motor anda akan kendur dan dilanjutkan dengan rantai yang putus.

Demikian artikel yang dapat kami jabarkan mengenai 3 Penyebab Rantai Motor Sering Putus Saat Berkendara Semoga apa yang saya paparkan di atas bisa bermanfaat untuk anda  semua. Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel. Terima kasih telah berkunjung dan membacanya

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *