3 Indikasi Spare Part Motor Bermasalah

Pada umumnya pengguna kendaraan bermotor adalah user  murni. Maksudnya adalah pengguna kendaraan bermotor yang hanya bisa mengendarai tanpa mengetahui tentang seluk beluk kendaraannya. Patokannya biasanya selama masih bisa dipakai berarti motor aman untuk dikendarai. Bila bermasalah tinggal ke bengkel.  Simpel sekali. Tapi kalo bisa mengetahui indikasi – indikasi ketika spare part motor anda bermasalah alangkah lebih baik. Berikut, 3 indikasi spare part motor bermasalah, yaitu:

  • Knalpot  motor  4 tak mengeluarkan  asap

Sebenarnya bila motor anda berjenis 2 tak, knalpot berasap itu hal yang lumrah. Tapi lain cerita bila motor anda berjenis 4 tak. Hal itu menunjukkan motor anda bermasalah dan bila dibiarkan akan bertambah parah. Indikasi itu menunjukkan ada spare part  motor anda yang kena masalah. Dan biasanya yang kena masalah adalah piston atau seher. Asap itu berasal dari oli yang terbakar. Bila mendapati hal ini secepatnya harus dicek oli mesin. Mungkin habis atau tinggal sedikit sekali.Dan untuk lebih amannya segera periksakan motor anda ke bengkel  agar segera ditangani. Untuk hal ini, mungkin anda harus menyiapkan dana yang lumayan bila pistonnya harus diganti.

Baca juga tips dan trik nya untuk merawat spare part motor anda agar tetap awet. Lihat selengkapnya di motoraja.com

  • Motor jalannya tersendat – sendat

Nah, kalo ini berlaku umum, baik yang berjenis 4 tak maupun yang 2 tak. Untuk yang mengalami hal ini,bisa dipastikan spare part yang bermasalah antara busi atau karburator. Biasanya penanganannya cukup dibersihkan busi atau karburatornya. Tapi lebih baik lagi bila keduanya yang dibermasalah. Bila setelah dibersihkan, laju motor tetap tidak normal, bisa jadi busi nya sudah mati perlu diganti baru. Atau bisa jadi ada bagian dari karburator yang mengalami kerusakan. Bisa jadi juga karburatornya secara keseluruhan rusak. Untuk mengganti busi mungkin tidak terlalu menguras kocek yang dalam. Untuk karburator lain lagi, anda perlu menyiapkan dana ekstra, mengingat harganya yang cukup mahal.

  • Knalpot motor nembak

Pernah mendengar knalpot yang kadang bersuara seperti menembak? Hal ini biasanya terjadi karena pembakaran yang kurang sempurna. Untuk masalah ini, spare part yang bermasalah adalah karburator dan atau busi. Untuk masalah karburator bisa terjadi juga karena pemasangan atau setting karburatornya tidak tepat. Untuk busi, hal yang paling memungkinkan karena busi nya memang sudah mati sehingga perlu diganti baru.

Semua pemaparan di atas hanya berupa indikasi saja. Dengan demikian anda bisa mengetahui kondisi motor anda. Terutama berkaitan dengan kondisi suku cadang nya yang bermasalah. Hal ini berguna juga untuk menjaga motor anda mengalami kerusakan lebih parah akibat dibiarkan. Pada sisi lain, dengan mengetahui ini, anda bisa memperkirakan dan mempersiapkan budget yang harus anda siapkan saat membawanya ke bengkel.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *