10 Tips Mudah Merawat Knalpot Motor Orisinil agar Awet

10 Tips Mudah Merawat Knalpot Motor Orisinil agar Awet

Sepeda motor merupakan gabungan dari beberapa komponen yang menjadi satu kesatuan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai alat transportasi. Untuk menjaga kenyamanan saat digunakan dan berfungsi sebagaimana mestinya, komponen-komponen kendaraan perlu mendapat perawatan. Salah satu komponen yang sering diabaikan perawatannya padahal merupakan bagian vital dari kendaraan adalah knalpot motor.

10 Tips Mudah Merawat Knalpot Motor Orisinil agar Awet

Pentingnya merawat knalpot

Seperti yang diketahui bahwa knalpot berfungsi sebagai alat penyalur gas sisa pembakaran. Hasil pembakaran antara bahan bakar dan oksigen di ruang bakar diproses kembali oleh Knalpot agar dapat dimanfaatkan sebagai tenaga tambahan. Jika hal tersebut tidak bekerja sebagaimana seharusnya, maka pemanfaatan hasil pembakaranya kurang optimal. Hal ini menyebabkan boros bahan bakar dan tenaga motor loyo. Di samping itu, knalpot juga difungsikan sebagai pendukung tampilan kendaraan.

Knalpot sendiri mempunyai masa kegunaan. Jika masanya sudah cukup lama, knalpot kemungkinan mengalami korosi atau karatan.  Oleh karena hal tersebut, penting untuk merawat knalpot secara optimal agar suara maupun peformanya dapat terjaga dalam kondisi prima setiap saat. Nah, mari simak ulasan tips cara merawat knalpot motor orisinil berikut:

Cara merawat knalpot motor

  1. Disarankan memanaskan mesin secukupnya atau jangan terlalu lama pada knalpot orisinil atau standar 4 tak yang cenderung kering.
  2. Dua bulan sekali disarankan untuk memberikan oli pada lubang silencer untuk membersihkannya. Hal ini juga meminimalisir terjadinya kebocoran atau keropos pada knalpot.
  3. Segera bersihkan knalpot yang sudah korosi menggunakan sikat yang kuat. Sebelum disikat, oleskan detergen terlebih dahulu. Jika perlu gunakan sikat kawat saat membersihkan kotorannya yang membandel.
  4. Oleskan oli bersih pada leher knalpot yang bagian pipanya telah bersih tadi, secara merata. Kemudian nyalakan mesin kurang lebih sekitar 2 menit agar olinya menyerap dan lama kelamaan oli yang kepanasan tersebut mengelupas sehingga leher knalpot pun bersih.
  5. Setelah mencuci kendaraan atau setelah kendaraan Anda kehujanan, keringkan knalpot motor dengan hati-hati. Lebih baik lagi semprotkan cairan anti karat.
  6. Goresan pada silencer knalpot original berbahan chrome dapat dilakukan dengan mengelapnya menggunakan kain lembut.  Selain itu, gunakan oli bekas yang masih baik untuk membersihkan noda bagian luar silencer knalpot.
  7. Gunakan cairan portex jika karat atau noda yang menempel sangat membandel. Jangan lupa berhati-hati saat menggunakan cairan tersebut karena jika mengenai blok mesin dapat melunturkan warnanya.
  8. Bercak hitam akibat percikan aspal dapat diatasi dengan mengoleskan Pertamax Plus yang dicampur dengan minyak tanah (perbandingan 1:2) pada bercak kehitaman tersebut lalu sikat menggunakan sikat kecil yang masih bagus.
  9. Pastikan untuk tidak lupa memeriksa lubang pembuangan air pada bagian bawah silencer knalpot motor. Jika tersumbat, cukup tusuk lubang tersebut menggunakan lidi atau paku kecil.
  10. Periksalah kebocoran paking knalpot sekaligus kekencangan baut penyangganya. Karena jika hal tersebut terlewatkan dapat mengakibatkan borosnya pembakaran bahan bakar akibat proses pembuangan gas yang tidak sempurna.

Sebenarnya merawat knalpot motor tidaklah sulit, cukup ikuti tips diatas agar knalpot anda lebih awet dan dapat bekerja secara optimal.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *